40+ Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Lengkap Kunci Jawaban

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Lengkap Kunci Jawaban. latihan soal UAS SMK SMA dan kunci jawaban Kurikulum 2013. latihan soal UAS SMK SMA dan kunci jawaban Kurikulum 2013, simak artikel ini hingga selesai.

Artikel ini akan menyajikan soal UAS Bahasa Indonesia kelas 12 semester 2 2022, latihan soal UAS SMK SMA dan kunci jawaban Kurikulum 2013 guna menjadi panduan agar membantu belajar kalian.

Sekalipun sudah ada kunci jawaban semacam ini, tentu akan lebih baik lagi jika para siswa terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakannya. Adanya kunci jawaban ini diharapkan bisa menjadi sebuah referensi atau bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar.

Sebagaimana yang dilansir dari PortalKudus dari alumni pendidikan Bahasa Indonesia UNNES M. Khoirul Humam S.Pd berikut ini soal UAS Bahasa Indonesia kelas 12 semester 2 2022, latihan soal UAS SMK SMA dan kunci jawaban Kurikulum 2013.

1. Cermatilah paragraf berikut.

Sebelum minum obat untuk meredakan masalah perut, mengonsumsi buah pepaya terbukti efektif redakan mual dan tentunya jauh lebih sehat. Satu porsi pepaya terbukti berefek positif pada pencemaan. Walau buah ini telah lama dipercaya mampu mengatasi sembelit, nyatanya khasiatnya lebih dari itu. […] Rahasianya ada dalam enzim buah papain dan chymopapain. Kedua enzim tersebut akan membantu pencernaan dalam memecah protein dan menenangkan perut dengan mempromosikan lingkungan asam yang sehat. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

A. Selain memerangi sembelit, pepaya juga mampu mengatasi gangguan pencernaan lainnya, seperti kembung, mual, bahkan mulas.

B. Memang begitu banyak khasiat dari buah berwarna oranye ini.

C. Oleh karena itu, tubuh memerlukan setidaknya tiga buah pepaya setiap harinya. D. Buah pepaya juga terbukti berkhasiat dalam memerangi penyakit mental.

- Iklan -

E. Buah pepaya memang tidak kalah berkhasiat dibandingkan dengan buah-buah lainnya.

Baca Juga:  Sejarah Dan Keunikan Taman Laut Bunaken

Jawaban : A

2. Cermati teks berita berikut!

Sumbangan sektor ekonomi kreatif terhadap pemasukan negara terus meningkat. Ekosistem pendukung yang semakin ideal dan perubahan pola konsumsi masyarakat menjadi faktor pendukung utamanya. Peningkatan terlihat dari nilai produk domestik bruto (PDB) dari ekonomi kreatif. Tahun ini diperkirakan menembus Rp1.000 triliun atau meningkat dari 2016 yang sekitar 900 triliun. Tahun depan diperkirakan akan lebih besar mencapai Rp1.100 triliun kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif di Bandung.

Ide pokok teks tersebut adalah ….

A. peningkatan ekonomi kreatif

B. perkiraan peningkatan pemasukan negara

C. pengaruh pemasukan negara terhadap masyarakat

D. sumbangan masyarakat terhadap sektor konsumsi

E. faktor pendukung peningkatan ekonomi rakyat

Jawaban : A

3. Cermatilah kalimat berikut.

Saat ini, pemerintah sedang mengawasi proses distribusi beasiswa tersebut agar tidak salah sasaran.

Makna kata distribusi pada kalimat tersebut adalah ….

A. masukan

B. sumbangan

C. penyaluran

D. pendapatan

E. pemberian

Jawaban : C

4. Cermatilah kutipan novel berikut.

Tidak ada alasan untuk meninggalkan Amsterdam pada musim panas. Inilah masa terbaik untuk bersepeda di sekitar Leidseplein dan Dam Square sambil menikmati sinar matahari yang merupakan surga tahunan bagi warga kota. la masih duduk di pinggir Pantai Blomendahl berbekal kanvas dan alat lukis, atau menikmati koffie verkeerd di salah satu kafe di 9 Straatjes dari pagi hingga sore bersama buku sketsanya.

Tahapan alur dalam kutipan novel tersebut adalah ….

A. pengenalan situasi cerita

B. pengungkapan peristiwa

C. menuju konflik

D. puncak konflik

E. penyelesaian

Jawaban : A

5. Cermatilah kalimat-kalimat petunjuk berikut.

(1) Letakkan kentang pada loyang dan oles dengan minyak zaitun. Taburi bagian atasnya dengan garam kasar dan panggang selama 30 menit.

(2) Panggang lagi selama 10 menit dalam oven dengan suhu yang sama. (3) Iris kentang dengan pisau tajam, jangan sampai putus.

Baca Juga:  sejarah dan keunikan kuil fushimi inari taisha

(4) Panaskan oven 200 derajat celcius dan alasi loyang dengan aluminium foil. (5) Keluarkan kentang dan isi setiap irisannya dengan potongan keju.

(6) Keluarkan dari oven saat keju meleleh dan taburkan sour cream, cincangan daging asap, serta daun bawang.

Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur yang tepat adalah ….

A. (2) – (1) – (4) – (5) – (6) – (3)

B. (2) – (1) – (5) – (3) – (4) – (6)

C. (3) – (2) – (4) – (1) – (5) – (6)

D. (4) – (3) – (1) – (5) – (2) – (6)

E. (4) – (3) – (5) – (1) – (6) – (2)

Jawaban : D / A

6. Bacalah teks Berikut!

(1) Masalah pendidikan di negara mana pun tidak pernah selesai. (2) Selalu ada persoalan pendidikan sebagaimana yang terjadi di India, Pilipina, dan Korea Selatan. (3) Oleh karena itu, cara kita belajar dari ketiga negara tersebut bukan sekedar mengimpor praktik baik yang ada, tetapi perlu disesuaikan dengan konteks Indonesia.(4) Hal itu karena kurikulum merupakan keseluruhan proses pendidikan. (5) Kurikulum merupakan keseluruhan dari sebuah proses pendidikan tidak hanya sekadar ketersediaan dokumen.

Maksud kalimat nomor (3) dalam teks tersebut adalah …

A. Kita harus meniru hal-hal yang baik dari negara asing untuk diterapkan dalam sistem pendidikan kita.

B. Tidak semua hal yang baik dari negara lain dapat diterapkan, tetapi harus disesuaikan dengan keadaan sistem pendidikan di Indonesia.

C. Agar pendidikan di negara kita maju, kita harus mencontoh sistem pendidikan di negara lain.

D. Sistem pendidikan di negara maju merupakan barometer berhasil tidaknya pelaksanaan pendidikan di negara kita.

E. Pendidikan di negara kita masih dipengaruhi oleh sistem pendidikan di negara-negara yang lebih maju.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU