SEMrush adalah tools SEO yang bisa digunakan untuk melakukan keyword research, melacak strategi keyword yang digunakan oleh kompetitor, menjalankan audit SEO website, mencari peluang backlink, dan sebagainya.
Dilansir dari laman resminya, SEMrush memiliki database yang mencakup lebih dari 46 juta domain dan 120 juta kata kunci.
SEMRush juga dapat digunakan untuk melakukan optimasi SEO. Misalnya, menghitung pay-per-click (PPC), analisis campaign media sosial, hingga content marketing campaign.
Melalui SEMRush, kamu bisa melihat dan memantau performa website kamu, seperti berikut.
- organic search domains
- paid search
- backlink
- keyword
- tampilan iklan (ads)
- referring domains
- landing page
- anchor link
Fitur-Fitur SEMRush
SEMRush sendiri memiliki fitur yang sangat kaya dan dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Berikut adalah fitur-fitur utama SEMRush yang bermanfaat bagi marketer, terutama yang berkecimpung di bidang SEO.
1. Keyword research
Berikut adalah beberapa fitur SEMRush yang bisa digunakan untuk kegiatan keyword research.
- Keyword overview: memungkinkanmu tahu nilai organik dan iklan dari sebuah keyword berdasarkan search volume, intent, difficulty, jumlah hasil, CPC, tingkat kompetisi, fitur SERP, dan masih banyak lagi.
- Organic research: membantumu mengadaptasi keyword paling menguntungkan yang digunakan kompetitor dengan menganalisis daftar organic keyword-nya dan halamannya.