Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Brosur (brochure) yang belum ada yang dapat menjelaskan secara definisi.
Informasi tentang sesuatu atau buku kecil tidak berjilid (booklet) berisi gambar atau iklan tentang sesuatu didalam Oxford Advance Lenear”s Dictionary disebut brosur. Didalam karya JS Badudu(2001) menurut kamusnya dalam bahasa Indonesia. Publikasi singkat terdiri dari beberapa halaman tidak berjilid dan disebut brosur.
Alan Swann menyatakan brosur ialah pamflet atau booklet yang berisikan mengenai jasa atau produk. Dan dapat dijelaskan mengenai jasa atau produk yang berkarakter atau berkualitas untuk suatu penjualan. Brosur juga dapat di artikan sebagai cetakan yang berisikan suatu keterangan singakat perusahaan agar dapat diketahui secara umum.
Pengertian lainnya brosur juga dinyatakan sebagai suatu periklanan yang dapat dicetak pada suatu selembaran. Courtland L Bovee mendefinisikan sebagai suatu jasa atau ide yang tertuju pada komunikasi nonpersonal yang digunakan melalui biaya pemasangan atau informasi produk, Dan juga sebagai sponsor di berbagai media yang disampaikan melalui identifikasi serta persuasif.
Selebaran berbentuk terlipat terdiri dari selembar kertas yang secara dilipat dan dapat dilipat secara satu lipatannya atau lebih. Empat halaman terdiri dari satu lipat brosur, enam halaman terdiri dari dua lipat brosur, dan selanjutnya. Adapun brosur dari beberapa lembaran kertas yang menyerupai seperti buku. Dengan mengikuti garis vertikal atau horizontal cara atau bentuk melipatnya harus sesuai dengan rancangan yang digunakan.
Poster, atau leaflet, dan flyer itulah yang dapat membedakaannya. Terletak pada cara penyebaran dan kemasan yang membedakan antara bentuk media promosi tersebut. Poster, leaflet, dan flyer lembaran yang utuh tanpa lipatan sedangkan brosur lembarannya terlipat.
Poster cara penyebarannya secara di tempel di tempat yang strategis, flyer dengan cara digantung, sedangkan brosur dengan cara langsung dibagikan kepada yang tertuju atau yang layak mendapatkannya.
Penyampaian informasi pada brosur merupakan suatu bentuk komunikasi non personal yang dilakukan secara perantara melalui media. Akan tetapi bisa juga dilakukan secara personal di saat pelaksanaannya dan tidak cukup sebatas komunikasi non personal. Di dalam brosur hanya ada materi promosi yang menyatukan antara ilustrasi dengan tulisan atau memadukan gambar (Image).
Jasa secara persuasif atau barang, menjual produk dengan cara menawarkannya, mengenalkannya, dan menyampaikannya termasuk materi yang dikemas secara singkat. Menerima brosur secara langsung termasuk komunikasi personal yang terjadi pada pelaku promosi dengan khalayak. Yang dinamakan komunikasi personal adalah dialog antara khalayak dengan pelaku promosi agar lebih mengetahui tentang apa yang ada didalam brosur.
Fungsi
Fungsi brosur yang paling utama dalam promosi dan pemasaran yang dibuat tanpa fungsi dan sebab. memberikan informasi ke masyarakat umum dengan menawarkan produk secara detail adalah termasuk fungsi utama brosur. Isi yang jelas dan menarik dengan desain brosur termasuk untuk menarik perhatian masyarakat pada umumnya.
Ciri-Ciri
Dengan media promosi lainnya contoh brosur memiliki ciri ciri atau karakteristik yang berbeda, dan bisa dilihat sebagai berikut:
- Menginformasikan produk ke masyarakat.
- Isinya jelas dan desain menarik.
- Menarik perhatian publik semenarik mungkin.
- Didistribusikan secara sendiri.
- Hanya sekali terbit.
- Memiliki pesan tunggal.