Google Drive sendiri merupakan layanan penyimpanan data berbasis daring. Diluncurkan pada 2012 lalu, layanan ini berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis data, cukup dengan akun Gmail yang dimiliki.
Layanan ini memberikan wadah penyimpanan gratis sebesar 15 GB, yang dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.
Berikut cara membuat folder di Google Drive, mengutip laman Google Help.
Cara Membuat Folder Google Drive di Komputer
1. Akses laman drive.google.com.
2. Log in dengan akun Gmail.
3. Klik opsi ‘New’ pada kiri atas layar.
4. Pilih opsi ‘Folder’
5. Masukkan nama folder yang diinginkan, lalu klik ‘Create’
Anda dapat memindahkan dokumen dari mana saja di Google Drive untuk dimasukkan ke dalam folder. Berikut cara memindahkan file ke folder di Google Drive.
1. Klik kanan pada dokumen yang ingin dipindahkan.
2. Klik ‘Move to…’
3. Pilih atau buat folder, lalu klik ‘Move Here’.
Namun, jika Anda ingin memindahkan dokumen ke folder tanpa menghapusnya dari tempat semua, Anda bisa menyalinnya. Berikut caranya.
1. Klik kanan pada dokumen yang diinginkan.
2. Klik ‘Make a Copy’
3. Dokumen akan tersalin.
Cara Membuat Folder Google Drive di Android dan iOS
Selain di komputer atau laptop, Anda juga bisa mengakses Google Drive melalui ponsel atau gawai yang lain. Berikut caranya.
1. Buka aplikasi Google Drive
2. Ketuk ‘Add’ atau ikon ‘+’
3. Ketuk ‘Folder’
4. Masukkan nama folder yang diinginkan, lalu ketuk ‘Create’
Sama seperti di komputer, Anda juga bisa memindahkan dokumen ke dalam folder tersebut. Berikut caranya.
1. Buka aplikasi Google Drive
2. Di samping dokumen yang diinginkan, ketuk ikon titik tiga, lalu ketuk Move To.
3. Pilih atau buat folder, lalu ketuk ‘Move Here’