Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – PT. Unilever Indonesia Tbk. berbagi tips dan trik pentingnya media sosial (Medsos) sebagai brand mencari kerja.
Hal ini berlangsung pada Career Clinic yang diselenggarakan oleh Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin.
Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual dengan tema “Memanfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Peluang Karir” berlangsung melalui aplikasi zoom, Rabu (20/05).
Dalam sambutan pengantarnya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg A Arsunan Arsin menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi atas inisiatif yang dilakukan DAPK.
“Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat pada masa pandemi Covid-19,” kata Prof Arsunan.
“Terima kasih juga kepada pihak Unilever yang telah berkenaan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan praktis tentang dunia kerja atau hal yang dibutukan dunia kerja pada mahasiswa dan alumni,” tambahnya.
Perguruan Tinggi harus menyiapkan para alumninya untuk siap berkiprah dan bekerja pada lapangan kehidupan manapun.
Selain nilai yang bagus, pengalaman organisasi serta pelatihan-pelatihan seperti kiat-kiat mencari kerja adalah modal berharga dalam menghadapi tantangan dunia kerja nantinya.
“Persaingan dunia kerja itu penuh tantangan, perlu didukung dengan hardskill dan soft skill. Di era sekarang, peluang itu perlu dilihat. Apalagi saat ini era teknologi semakin berkembang pesat,” tambah Prof Arsunan.
Hadir sebagai narasumber, Indri Pramaning (Emloyer Branding PT Unilever) memaparkan materi tentang “Sosial Media Untuk Karir Anda”.
Dalam penjelasannya, Indri mengajak peserta untuk memisalkan bahwa akun media sosial seperti LinkedIn, Instagram dan Facebook saat ini digunakan oleh para rekruter untuk melihat apa yang dimiliki.
“Gunakanlah sosial media untuk menampilkan nilai jual yang anda miliki saat ini atau seperti apa kalian ingin dikenal, agar para rekruter memiliki kesan awal yang baik terhadap kalian,” tutur Indri.
Pemateri lain yakni Intan Sormin (HRBP for CD/Sales and Social Media Enthusiast PT Unilever) menyampaikan dalam materinya bahwa sosial media salah satu bagian terpenting dalam personal branding, bagi perusahaan multinasional seperti Unilever, mereka menjadikan sosial media sebagai salah satu bagian penting dalam merekrut karyawan.
“Passion mereka kami lihat dari akun media sosial calon pelamar. Jadi, sebaiknya akun media sosialnya diberi penamaan yang sama dan perjelas diri anda disana, seperti pemikiran, kebiasaan-kebiasaan positif, jaringan bahkan kalau anda menggunakan akun media sosial anda untuk jualan, agar diperjelas juga brandnya, ” jelas Intan.
Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 95 peserta dari kalangan mahasiswa, alumni maupun peserta umum berlangsung dengan lancar dan penuh dengan antusias para peserta yang dibutktikan dengan banyaknya pertanyan pada kolom komentar pada aplikasi zoom.(*/FP)