Contoh Soal Matematika Kelas 12 SMA Semester 1 & 2 Pilihan Ganda dan Essay Lengkap Kunci Jawaban, Contoh soal matematika ini bisa menjadi referensi untuk adik-adik dalam mengerjakan latihan soal matematika kelas 12 SMA Sederajat.
Dilansir dari berbagai sumber, Simak penjelasan lengkap di bawah ini :
Contoh Soal Matematika Kelas 12 SMA Semester 1 & 2 Pilihan Ganda dan Essay Lengkap Kunci Jawaban
Contoh Soal Pilihan Ganda:
I. Kerjakanlah soal di bawah ini!
1. Diberi segitiga ABC dengan panjang AB = BC. Panjang sisi AB adalah 6 cm dan sudut ABC adalah 120o. Panjang sisi AC.
A. 6√8
B. 6/6
C. 6/5
D. 6/3
E. 6√2
Jawaban:Â B
2. Jika x dan y adalah solusi dari sistem persamaan 4x + y = 9 dan x + 4y = 6, maka nilai 2x + 3y.
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
E. 10
Jawaban:Â D
3. Diketahui bahwa balok ABCD EFGH dengan panjang AB = 6 cm, BC = 4 cm dan AE = 3 cm, jarak dari D ke F.
A. √61 cm
B. √72 cm
C. 52 cm
D. 25 cm
E. 13 cm
Jawaban:Â B
4. Persamaan garis vertikal dengan 2x – 3y + 8 = 0 dan melalui titik (-3.2) adalah.
A. -2x + 3y-12 = 0
B. 3x + 2y + 5 = 0
C. 3x + 2y-13 = 0
D. 2x + 3y = 0
E. 3x + 2y = 0
Jawaban:Â E
5. Harga satu piring adalah dua kali lipat harga satu gelas. Jika harga untuk 6 piring dan 14 gelas adalah Rp 39.000,00, maka harga untuk 1 lusin gelas.
A. Rp.9000
B. Rp12.000
C. Rp16.000
D. Rp18.000
E. Rp 20000
Jawaban:Â E
6. Peluru ditembakkan ke atas pada kecepatan awal vo m / detik. Ketinggian lantai setelah t detik dinyatakan oleh fungsi h (t) = 100 + 40t – 4t2. Tinggi maksimum yang bisa dicapai bola adalah.
A. 400 m
B. 300 m
C. 200 m
D. 100 m
E. 50 m
Jawaban:Â D
7. Lima siswa diberi tugas mengamati jumlah hama wereng di sebidang tanaman padi selama seminggu. 18 jangkrik ditemukan pada hari kedua dan 4.374 jangkrik pada hari terakhir. Jika perkembangan hama wereng mengikuti pola garis geometris, ekor wereng ditemukan pada hari ke 5.
A. 200
B. 268
C. 340
D. 400
E. 486
Jawaban:Â B
8. Kemampuan petani untuk mengolah sampah menjadi kompos dari hari ke hari semakin baik. Pada hari pertama ia mampu mengolah 2 m3 sampah, pada hari kedua 5 m3 sampah dan pada hari ketiga 8 m3 sampah. Pada hari ke 10, petani dapat memproses limbah berikut.
A. 29 m3
B. 56 m3
C. 100 m3
D. 155 m3
E. 16029 m3
Jawaban:Â C
9. Diagram berlawanan menunjukkan warna favorit seorang siswa kejuruan. Jika jumlah siswa yang menyukai warna hijau adalah 19, maka jumlah siswa yang suka warna biru.
A. 20
B. 21
C. 22
D. 23
E. 24
Jawaban:Â C
10. Persamaan grafik fungsi kuadrat dalam ilustrasi di seberang adalah.
A. Y = -x2 + 4x + 5
B. Y = 5 – 4x – x2
C. Y = -x2 – 4x + 5
D. Y = x2 – 2x + 5
E. Y = -x2 + 2x + 5
Jawaban:Â A
11. Sistem ketidaksetaraan yang diketahui x + 2y ≤ 10; 3x + 2tn ≤ 18; x≥0, y≥0. Nilai maksimum untuk fungsi objektif f (x, y) = 3x + 5y adalah.
a. 18
B. 25
C. 27
D. 29
e. 502
Jawaban:Â B
12. Persamaan garis lurus melalui titik (8, 0) dan (0, 6) adalah.
A. 8x + 6 y = 48
B. 6x + 8y = 48
C. 8x + 6th> 48
D. 6x + 8tahun <48
E. 6x -8y = 483
Jawaban:Â E
13. Persimpangan antara garis x + y = 10 dan garis x -2y = 4 adalah.
A. (8, 2)
B. (2, 8)
C. (-8, 2)
D. (-8, -2)
E. (8, -2)
Jawaban:Â D
14. Nilai maksimum f (x, y) = 3x + 2y dalam kisaran solusi sistem ketidaksetaraan linear 4x + 3y≤ 12, 2x + 6y≤ 12, x≥0, y≥0 adalah.
A. 18
B. 9
C. 8
D. 26 / 3
E. 25 / 35
Jawaban: A
15. Nilai minimum dari fungsi f (x, y) = 8x + 6y di bidang solusi sistem ketidaksetaraan linear 2x + y ≥ 30, x + 2y ≥ 24, x ≥ 0, y ≥ 0 adalah.
A. 192
B. 180
C. 142
D. 132
E. 726
Jawaban:Â D