Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran, Ada 4

Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran. Penawaran merupakan jumlah serta kualitas barang yang hendak dijual produsen kepada pembeli dalam kondisi tertentu. Apabila harga barang atau jasa makin tinggi, kian banyak pula jumlah komoditas yang akan ditawarkan produsen. Begitu pula sebaliknya.

Menurut Usep Sudrajat dan Suwaji dalam Buku Ajar Ekonomi Manajerial (2018), penawaran adalah jumlah produk yang ingin dan dapat ditawarkan produsen pada tingkat harga tertentu.

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi penawaran di pasar. Faktor ini turut memengaruhi keputusan produsen untuk menjual barang dan jasanya atau tidak.

Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran

Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah:

  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain yang sejenis
  3. Biaya produksi
  4. Teknologi.

Biaya produksi

Makin tinggi biaya produksi sebuah barang, kian kecil pula keuntungan atau laba yang diperoleh produsen. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga:  Sejarah Dan Keunikan Hierapolis

Jika biaya meningkat, produsen cenderung mengurangi produksi atau penawaran. Sebab laba yang didapat akan berkurang.

Teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi pasti memengaruhi kegiatan produksi. Adapun produksi yang dimaksud ialah teknik dan mesin produksi.

Dalam produksi barang atau jasa, kehadiran teknologi akan menciptakan efisiensi. Karena majunya teknologi akan meningkatkan jumlah produksi barang dan menurunkan biaya yang harus dikeluarkan.

Harga barang itu sendiri

Dikutip dari buku Aspek Dasar Ekonomi Mikro (2006) karya Tri Kunawangsih Pracoyo dan Antyo Pracoyo, faktor ini berkaitan dengan hukum penawaran.

- Iklan -

Makin tinggi harga suatu barang, kian banyak pula barang yang ditawarkan. Sebaliknya, jika harganya rendah, jumlah barang yang ditawarkan makin sedikit.

Dari hukum penawaran tersebut, bisa diketahui dan disimpulkan bahwa harga barang itu sendiri dapat memengaruhi penawaran.

Harga barang lain yang sejenis

Apabila harga barang lain yang sejenis lebih murah dibanding suatu barang, bisa dipastikan penawaran barang lain itu akan lebih tinggi.

Baca Juga:  Mengenal Ikan Handfish Hewan Unik Di Dunia

Sebagai contoh, harga batako sebagai pengganti bata merah mengalami kenaikan. Produsen mulai beralih dengan memproduksi batako, sehingga penawaran bata merah akan menurun.

Biaya produksi

Makin tinggi biaya produksi sebuah barang, kian kecil pula keuntungan atau laba yang diperoleh produsen. Begitu pula sebaliknya.

Jika biaya meningkat, produsen cenderung mengurangi produksi atau penawaran. Sebab laba yang didapat akan berkurang.

Teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi pasti memengaruhi kegiatan produksi. Adapun produksi yang dimaksud ialah teknik dan mesin produksi.

Dalam produksi barang atau jasa, kehadiran teknologi akan menciptakan efisiensi. Karena majunya teknologi akan meningkatkan jumlah produksi barang dan menurunkan biaya yang harus dikeluarkan.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU