Google Keyword Planner Tools: Cara Daftar dan Menggunakannya

Dengan tool ini, Anda bisa melakukan riset keyword untuk keperluan SEO dan Google Ads.

Google Keyword Planner tool riset keyword yang termasuk dalam layanan Google Ads. Pada dasarnya, tool ini memang dibuat untuk keperluan membuat iklan di Google Ads. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan lain, yaitu riset keyword SEO.

Sebagai salah satu fitur dari Google Ads, Anda harus mendaftar ke Google Ads terlebih dahulu untuk menggunakan Google Keyword Planner.

Baca Juga:  4 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Mesin Cuci Cepat Rusak

Namun, tenang saja, Anda bisa menggunakan Google ini tanpa harus memasang iklan di Google.

Cara Daftar Google Keyword Planner

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat dua cara untuk mendaftar. Jika Anda memang berniat menggunakan Google Keyword Planner tool sekaligus Google AdWords, Anda bisa membuat Google AdWords dulu mengikuti panduan ini.

Baca Juga:  Akan Miliki Peta 1:5000, Indonesia Tak Tergantung Google Map

1. Buka Google Ads

Pilih menu Tools > Keyword Planner

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner

2. Buat Akun Baru

Buat akun baru untuk Google Ads dengan klik New Google Ads Account

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner.

3. Pilih Tujuan Google Ads

Terdapat tiga pilihan tujuan Google Ads. Pertama, mengarahkan pencari untuk menelpon bisnis Anda. Kedua, mengarahkan pencari ke website bisnis Anda. Ketiga, mengarahkan pencari untuk mendatangi lokasi bisnis Anda.

Pilih salah satu tujuan yang paling cocok dengan bisnis Anda

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner

4. Masukkan Informasi Bisnis

Karena di langkah sebelumnya kami memilih untuk mengarahkan pencari ke website, pada langkah ini kami perlu mengisi website bisnis.

- Iklan -
Google Keyword Planner
Google Keyword Planner 6.

5. Tentukan Jangkauan Konsumen

Selanjutnya, Anda perlu menentukan jangkauan konsumen untuk iklan.

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner

6. Tentukan Target Pencarian

Pada langkah berikutnya, Anda perlu menentukan di pencarian apa saja iklan akan muncul. Pada tutorial ini kami membuat bisnis toko buku, kami memilih pencarian yang berkaitan dengan buku.

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner

7. Buat Headline dan Deskripsi

Setelah itu, buat headline dan deskripsi untuk iklan.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU