Google Keyword Planner tool riset keyword yang termasuk dalam layanan Google Ads. Pada dasarnya, tool ini memang dibuat untuk keperluan membuat iklan di Google Ads. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan lain, yaitu riset keyword SEO.
Sebagai salah satu fitur dari Google Ads, Anda harus mendaftar ke Google Ads terlebih dahulu untuk menggunakan Google Keyword Planner.
Namun, tenang saja, Anda bisa menggunakan Google ini tanpa harus memasang iklan di Google.
Cara Daftar Google Keyword Planner
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat dua cara untuk mendaftar. Jika Anda memang berniat menggunakan Google Keyword Planner tool sekaligus Google AdWords, Anda bisa membuat Google AdWords dulu mengikuti panduan ini.
1. Buka Google Ads
Pilih menu Tools >Â Keyword Planner
2. Buat Akun Baru
Buat akun baru untuk Google Ads dengan klik New Google Ads Account
3. Pilih Tujuan Google Ads
Terdapat tiga pilihan tujuan Google Ads. Pertama, mengarahkan pencari untuk menelpon bisnis Anda. Kedua, mengarahkan pencari ke website bisnis Anda. Ketiga, mengarahkan pencari untuk mendatangi lokasi bisnis Anda.
Pilih salah satu tujuan yang paling cocok dengan bisnis Anda
4. Masukkan Informasi Bisnis
Karena di langkah sebelumnya kami memilih untuk mengarahkan pencari ke website, pada langkah ini kami perlu mengisi website bisnis.
5. Tentukan Jangkauan Konsumen
Selanjutnya, Anda perlu menentukan jangkauan konsumen untuk iklan.
6. Tentukan Target Pencarian
Pada langkah berikutnya, Anda perlu menentukan di pencarian apa saja iklan akan muncul. Pada tutorial ini kami membuat bisnis toko buku, kami memilih pencarian yang berkaitan dengan buku.
7. Buat Headline dan Deskripsi
Setelah itu, buat headline dan deskripsi untuk iklan.