Kemunculan Honda ADV 160 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu, belum lama ini PT Astra Honda Motor (AHM), melalui akun sosial media resminya, telah membagikan sebuah teaser yang menampilkan siluet sebuah motor skutik.
Bila melihat sekilas, kuat dugaan calon sepeda motor baru tersebut adalah Honda ADV 160. Belum ada bocoran lainnya yang dibagikan Honda soal motor skutik bergaya adventure tersebut, yang mana juga diisukan akan meluncur pekan ini.
Namun, sejumlah pelaku tangan kreatif di internet telah membuat beberapa ilustrasi desain Honda ADV 160 terbaru berdasarkan siluet yang dibagikan oleh Honda. Salah satunya, datang dari desainer Julak Sendie Design.
Lewat akun Instagram @julaksendiedesign, sang kreator mencoba menerka wujud asli Honda ADV 160 dengan beberapa warna berbeda. Jika diamati, secara konsep desain keseluruhan masih mempertahankan aura ADV 150 atau model sebelumnya.
mTampilannya masih mengusung gaya adventure yang khas dan gagah untuk ukuran motor skutik, hanya saja tarikan garis pada Honda ADV 160 versi Julak Sendie kini sedikit lebih halus jika dibandingkan dengan ADV model sebelumnya.
Lampu depan masih menerapkan desain serupa dengan model terpisah, hanya saja sang desainer membuat tampilannya lebih sederhana sehingga terlihat lebih elegan. Pun dengan bagian sampingnya, tidak banyak ubahan mencolok. Tetapi berkat keterampilan sang kreator sukses membuat tampilannya jadi terlihat benar-benar baru.
Selain tampilan, hal yang tentunya menjadi sektor ubahan paling signifikan adalah pada bagian jantung mekanisnya. Bila melirik ke belakang, Honda seperti punya pattern tersendiri apabila menelurkan produk motor skutik seperti model PCX, Vario, dan ADV.
Saat ketiganya masih menggunakan basis mesin yang sama berkubikasi 150 cc, platform yang digunakan ketiganya pun serupa. Saat ini, di antara PCX 160 dan Vario 160 hanya ADV lah yang belum disematkan mesin 160 cc.
Besar kemungkinan, Honda ADV terbaru juga akan menggunakan basis mesin 160 cc yang serupa dengan PCX dan Vario terbaru, atau bahkan Honda Click 160 yang dipasarkan di luar negeri.
Mesin yang punya kapasitas 156,9 cc 4-katup berpendingin cairan, ini diklaim lebih halus. Mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 15,7 dk pada 8.500 rpm, dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Tentunya figur tenaga tersebut bisa saja berbeda tergantung racikan Honda untuk ADV terbarunya. Selanjutnya, tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi CVT.
Begitu juga soal fitur yang akan dibenamkan di Honda ADV terbaru, Honda kemungkinan akan tetap mempertahankan fitur-fitur yang sudah ada pada ADV150. Meliputi, windshield yang bisa diatur posisinya, panel meter digital, keyless, power outlet.
Kemudian, fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang ada pada Honda PCX 160, kemungkinan juga bakalan hadir pada Honda ADV160 nantinya. Fitur ini bekerja dengan cara menyeimbangkan kerja putaran roda sehingga mencegah terjadinya slip pada ban belakang, khususnya pada jalanan licin.