Implementasi Pendidikan Karakter Siswa dalam Gema Digitalisasi Corona

Penulis: Luluatu Nailul Roja'

Teknologi digital memiliki dampak positif dan negatif, kita sebagai orang dewasa harus mengarahkan, mengarahkan dan memantau agar anak lebih memegang kendali dalam mendapatkan manfaat positif dari teknologi digital ini. Efek positif dari prinsip pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter siswa. Guru membantu membentuk kepribadian siswa berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan kepribadian (Giodiani, 2010). Prinsip-prinsip yang digunakan dalam pembangunan karakter bangsa antara lain sebagai berikut:

a) Nilai dapat diajarkan melalui pikiran dan perasaan serta terkait dengan topik topik, dan
b) proses pengembangan pendidikan karakter bangsa berlangsung dalam setiap proses pembelajaran.
c) dari pendidikan karakter. Secara berkesinambungan,
d) diskusi oleh berbagai pihak,
e) dan program pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan rutin
sekolah (Sinaga, 2018).

DAFTAR PUSTAKA

, MF (2021). Peran guru dan orang tua: tantangan dan solusi dalam pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Tanggal: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Humaniora, 1 (1), 23-32.
Anugrahana, A.; (2020). Hambatan, solusi dan harapan: Pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 oleh guru SD. dunia: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Astuti, C (2010). Pendekatan yang komprehensif dan kontekstual untuk mengatasi krisis kepribadian di Indonesia. Jurnal Pendidikan Cakrawala, 1 (3), 41-58. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.234
Ferrari, A. (2013). Kompetensi digital dalam praktik: analisis kerangka kerja. Pusat Penelitian Gabungan Komisi Eropa, 91. https://doi.org/10.2791/82116
Judiani, S. (2010). Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar dan menengah di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (Pendidikan), 280-288.
Qamar, K, Asprey, M, Purwanto, A, Nurhayati, W, dan Sodiono, RN (2020). Pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui pola asuh berbasis karakter genetik. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6 (c), 75-86.
gunung. (2008). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Santika, IWE (2020). Pendidikan pribadi dalam pembelajaran online. Jurnal Pendidikan Nilai dan Kepribadian Indonesia, 3 (1), 8–19
Saraswati, R., & Hidayat, H. (2019). Kepribadian matematika religius sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan kepribadian siswa di Indonesia. Zoologi, 4(2), 74-79. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2019.42.86
Sinaga, R.; (2018). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, 5(2), 180. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU