Implementasi Semangat Pelajar Dalam Bela Negara Pada Anak Dini Melalui GEMAR (Games Education of Corona): Solusi Pendidikan di Tengah Pandemi Berbasis Joyful Learning

Penulis: La Ode Muhammad Agus Sapdiman

Melihat hal tersebut, penulis menyarankan untuk menerapkan GEMAR (Games Education of Corona). GEMAR merupakan permainan edukatif yang dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan kepada anak mengenai ancaman dan bahaya virus Corona.

GEMAR membantu mengedukasikan kepada anak agar membiasakan diri untuk menerapkan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker dengan benar dan menjaga jarak ketika beraktivitas di luar rumah. GEMAR terdiri beberapa permainan yaitu (1) Fun Handwashing, (2) Tebak Gambar Corona, (3) Puzzle #LawanVirusCorona, (4) Ular Tangga COVID-19, dan (5) Mewarnai #BersatuLawanCOVID-19.

  • Fun Handwashing merupakan permainan mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar, lagu yang dinyanyikan disertai dengan gerakkan yang seirama dapat membuat anak menjadi senang serta mampu melatih kemampuan fisik-motorik anak.
  • Tebak Gambar Corona merupakan permainan untuk menebak kata apa yang disampaikan dalam gambar, sehingga anak akan menjadi penasaran dan berusaha menjawabnya.
  • Puzzle #LawanVirusCorona merupakan permainan yang dapat melatih kognitif anak, dengan memainkan potongan puzzle sehingga melatih daya pikir anak.
  • Ular Tangga COVID-19 merupakan permainan inovatif untuk mengenalkan pemahaman virus corona, variasi warna dengan berbagai informasi dapat menarik daya perhatian, serta memudahkan anak untuk mengingatnya.
  • Mewarnai #BersatuLawanCOVID-19 merupakan permainan yang memberikan informasi cara mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak dalam bentuk gambar, sehingga anak akan mewarnai dengan kreativitasnya.Dengan mengoptimalkan edukasi serta permainan bagi anak dapat menjadi sarana pembelajaran efektif terutama di tengah pandemi COVID-19. GEMAR memerlukan dukungan dari berbagai pihak seperti pihak orang tua maupun guru dalam penerapannya. Berdasarkan data BPS dalam Angka Partisipasi Kasar (APK) Anak yang Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2021 sebesar 35,59 persen.

    Angka ini akan terus meingkat sehingga dapat menjadi potensi yang mumpuni bagi anak untuk meuwujudkan bela negara di tengah pandemi COVID-19. Dengan GEMAR yang mengajarkan pemahaman pada anak mengenai ancaman dan bahaya virus Corona sehingga dapat mengurangi penularannya. Hal ini diharapkan agar pandemi COVID-19 dapat segera berakhir sehingga aktivitas yang dilakukan dapat kembali menjadi normal.

     

    DAFTAR PUSTAKA

    Ardiyanto, Asep. 2017. Bermain sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas AnakUsia Dini. Jendela Olahraga, 2(2):35-39.

    [BPS] Badan Pusat Statistik. 2021. Angka Partisipasi Kasar (APK) Anak Yang Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Menurut Jenis Kelamin 2019 – 2021. Statistik Sosial dan Kependudukan Indonesia.

    Taylor, H.S., William, J.M., Xiaotian, Z. 2020. Age-Related Differences in Nasopharyngeal Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) Levels in Patients With Mild to Moderate Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). JAMA Pediatr, 174(9):902-903.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU