1. Katrol Tetap Tunggal
Pengertian patrol tetap tunggal adalah satu katrol yang ditambatkan pada tempat tertentu sehingga posisinya tetap. Katrol ini tidak dapat bergerak bebas.
Tujuan katrol tetap adalah untuk mempermudah melakukan usaha dengan cara mengubah arah gaya, dan tidak berfungsi melipatgandakan besar gaya. Perhatikan gambar katrol tunggal tetap berikut ini:
Katrol tetap tunggal gaya kuasa yang digunakan untuk menarik beban sama dengan besar bebannya (w = F) karena lengan kuasa dan lengan beban sama panjang. Dengan kata lain, keuntungan mekanis katrol tetap adalah 1.
Keuntungan katrol tetap adalah mengubah arah gaya yang seharusnya ke atas, menjadi ke bawah karena adanya katrol.
Rumus Katrol Tetap
Pada katrol tetap berlaku rumus tuas, yaitu:
w . lb = F . lk
Karena lengan beban sama dengan lengan kuasa (lb = lk), maka gaya kuasa sama dengan beban yang diangkat, dirumuskan:
F = w
Keterangan:
- w = berat benda (N)
- lb = lengan beban (m)
- F = gaya kuasa (N)
- lk = lengan kuasa (m)
Keuntungan Mekanis (Mekanik) Katrol Tetap
Pada katrol tetap, panjang lengan kuasa sama dengan lengan beban sehingga keuntungan mekanis (mekanik) pada katrol tetap adalah 1, artinya besar gaya kuasa sama dengan gaya beban.
Rumus keuntungan mekanis katrol tetap adalah:
KM = w/F atau KM = lk/lb = 1
Keterangan:
KMÂ = Keuntungan mekanis (mekanik)
Contoh Katrol Tetap
Peralatan sehari-hari yang menggunakan katrol tetap adalah kerekan pada tiang bendera dan sumur timba.