2. Perhatikan gambar dibawah ini!
  Â
Sebutkan agama dan tempat ibadah berdasarkan gambar diatas!
Jawaban:
– Agama islam di masjid
– Agama hindu di pura
– Agama kristen di gereja
– Agama khonghucu di klenteng
3.Â
Sebutkan dan jelaskan warna beserta arti dalam lampu lalu lintas disamping!
Jawaban:
– Lampu merah menyala berarti kendaraan harus berhenti
– Lampu kuning menyala berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti
– Lampu hijau menyala berarti kendaraan boleh melaju
4. Sebutkan 5 bidang dan warna tanda kecakapan khusus dalam pramuka!
Jawaban:
– Kuning = bidang agama
– Merah = bidang patriotisme dan seni budaya
– Putih = bidang ketangkasan dan kesehatan
– Hijau = bidang keterampilan dan teknik pembangunan
– Biru = bidang sosial
5. Perhatikan tabel dibawah!
Jumlah siswa dalam satu sekolah___ siswa
Jumlah anak yang suka onde-onde___ siswa
Jumlah anak yang suka kelepon___siswa
Jumlah siswa yang suka dodol___siswa
Jumlah siswa yang suka serabi___siswa
Jumlah siswa yang suka kue lapis___siswa
Makanan yang paling banyak diminati ______ =___anak
Jawaban:
– Jumlah siswa dalam satu sekolah 50 siswa
– Jumlah anak yang suka onde-onde 40 siswa
– Jumlah anak yang suka kelepon 20 siswa
– Jumlah siswa yang suka dodol 10 siswa
– Jumlah siswa yang suka serabi 30 siswa
– Jumlah siswa yang suka kue lapis 50 siswa
– Makanan yang paling banyak diminati kue lapis = 50 anak
6. Buatlah diagram berdasarkan tabel di bawah ini!
Jawaban:
7. Â
Apa nama tarian gambar diatas dan jelaskan cara permainannya!
Jawaban:
Tari Tempurung
a. Tepukkan tangan kedepan atas dan kebawah belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan dalam barisan.
b. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiri dan sebelah kanan. Tepukkan tangan secara bergantian sebanyak empat kali.
c. Jalan kekiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan kekanan dua langkah dan tepukkan tangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat.
d. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkan tangan di sebelah kanan bawah. Tepukkan tangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.
e. Jalan kekiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan kekanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala kekiri dan kekanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.
f. Tepukkan tangan kedepan atas dan kebelakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.
8. Teknik apa saja yang digunakan dalam pembuatan rumah-rumahan?
Jawaban:
– Memotong
– Menggunting
– Menempel
– Menyambung
9. Â
Jelaskan cara melakukan latihan keseimbangan seperti gambar diatas!
Jawaban:
1. Berdiri tegak.
2. Angkat kaki kirimu.
3. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
4. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
5. Angkat kaki kanan.
6. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
7. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
10.  Â
Jelaskan cara bermain permainan diatas!
Jawaban:
1. Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Posisi kaki menjulur kedalam lingkaran.
2. Setiap peserta berpegangan kuat. Dapat juga menggunakan tali untuk berpegangan. Lakukan sesuai gambar. Semakin rapat jarak antar pemain akan semakin baik.
3. Semua peserta berusaha untuk berdiri secara bersamaan. Usahakan kedua kaki tegak, tidak menekuk lutut.
4. Lakukan berulang-ulang untuk melatih kekuatan kaki.
—
*)Disclaimer:Â Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.