Kuliah Umum Bertajuk Marketing Reasearchs, Mahasiswa ITB Kalla Belajar Penelitian Bisnis

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Institut Teknologi dan Bisnis Kalla menggelar kuliah umum bertajuk Understanding Market Research and Customer Insight. Kegiatan itu digelar di bikin bikin hub nipah mall lt 1 dengan menghadirkan Yulia Herman (Marketing Research and Cust.Insight) Dept Head dan Rahmat Setiawan (Senior Analyst di Marketing Research and Customer Insight) Kalla Group selaku pemateri.

Kuliah umum tersebut turut pula menghadirkan Andi tenri Pada dan Andi Fauziah Yahyah sebagai Dosen program studi Kewirausahaan , Kamis (25/6). Kuliah umum tersebut dihadiri oleh tim Kalla Group, mahasiswa dari program studi kewirausahaan, serta Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Kalla.

Dalam materinya Rahmat Setiawan menyampaikan bahwa dalam memulai atau mengembangkan sebuah bisnis sangat perlu melakukan riset pasar. Karena, jika hanya menggunakan nalar kemungkinan gagal sangat tinggi.

“Dalam membuat sebuah produk sangat penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasar bukan apa yang diinginkan. Karena bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat menyelesaikan masalah orang. Maka dari itu penting melakukan riset market sebelum membuat sebuah produk, karena itu bisa menjadi acuan dalam melaksnakan strategi bisnis kedepannya,” ucapnya.

Baca Juga:  Rektor Unifa Makassar Kunjungi Kantor Regional Wilayah IV BKN

Selain rahmat, Yulia Herman juga hadir membawakan materi. Dalam materinya dijelaskan bahwa dalam praktik perusahaan dan yang banyak terjadi adalah pengambilan keputusan yang komprehensif. Pengambilan keputusan yang tidak komprehensif banyak membawa bisnis dalam kegagalan.

“Pengambilan keputusan berdasarkan data dan informasi yang melalui riset akan membimbing kita dalam keputusan yang tepat. Kita kan tidak mau melakukan bisnis dengan sistem trial and eror, karena itu sangat menguras tenaga dan waktu. Jika pengambilan keputusan tepat, perkembangan bisnis kita akan lebih cepat dan berkelanjutan,” Jelasnya.

Diakhir materi, Yulia juga mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan ITB Kalla ini sangat baik dan visioner. Karena dengan menggabungkan teori dan praktik dalam kampus akan mendorong kompetensi mahasiswa menjadi lebih sejalan dengan yang terjadi dilapangan.

Baca Juga:  GenBI Aksi Kreatif Tingkatkan Kapasitas dan Daya Saing UMKM di Makassar

“Semoga kuliah umum dengan memanggil para praktisi dan professional seperti ini, bisa terus dilaksanakan. Karena kelemahan mahasiswa kita saat ini adalah mereka hanya mengetahui teori pada saat perkuliahan. Nah dengan kegiatan seperti ini saya yakin kompetensi lulusan dari S1 kita khususnya ITB Kalla mampu berssaing di dunia industry dan bisis kedepannya yang semakin cepat,” Imbuhnya.

Di akhir sesi, Andi Fauziah Yahya selaku ketua program studi kewirausahaan mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan dengan mengacu pada mata kuliah yang ada di kurikulum ITB Kalla yaitu manajemen pemasaran, binis development, serta metode penelitian bisnis. Sebab itu, pembahasan topik yang disajikan seputar metodologi, Kompetensi research, serta sharing pengalaman implementasi di kalla group.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU