Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12, 14, 15, dan 16 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 11

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!

Alternatif jawaban:

Tabel alat musik, daerah asal, dan cara memainkan serta cara menghasilkan bunyi.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 12

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!

Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).

Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!

Alternatif jawaban:

Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?

Alternatif jawaban:

Bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi dikarenakan benda-benda tersebut bergetar. Cara membuat benda tersebut bergetar bisa dengan dipukul, dipetik, ditiup, digesek, dan ditekan, sehingga getaran benda tersebut akan membuat udara disekitar ikut bergetar sehingga getaran tersebut akan menghasilkan bunyi. Jadi bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.

- Iklan -
Baca Juga:  Tendon : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Penyakit dan Cidera Tendon

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 14-15

*Ayo Mencoba*

Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.

Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa?

Alternatif jawaban: Belum, karena cara membunyikannya tidak beraturan.

Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?

Alternatif jawaban: Yang dapat kita lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kita mainkan menghasilkan bunyi adalah dengan cara dipukul, ditiup, atau digesek. Botol menghasilkan bunyi dengan cara ditiup, sendok menghasilkan bunyi dengan cara dipukul ke tutup panci, sendok juga menghasilkan bunyi jika di getarkan dengan sendok, ember menghasilkan bunyi dengan cara dipukul.

Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?

Alternatif jawaban:

Cara agar alat beragam tersebut menghasilkan bunyi yang enak didengar adalah dengan cara memadukan bunyi pada masing-masing alat secara teratur, misalnya botol dibunyikan dengan cara ditiup seperti suling, ember dipukul sehingga seperti kendang, tutup panci dipukul dengan sendok sehingga seperti bunyi jess pada drum.

Baca Juga:  Sasadu, Rumah Adat Maluku Utara : Sejarah, Fungsi, Keunikan, Ciri-ciri dan Filosofinya

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 16

*Ayo Renungkan*

• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

Alternatif jawaban: Hari ini saya sudah belajar tentang asal alat musik beserta cara memainkannya.

• Apa yang akan kamu lakukan untuk menghargai perbedaan di sekitarmu?

Alternatif jawaban: Yang akan saya lakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar adalah dengan tidak merendahkan atau mengejek orang lain yang berbeda dengan kita.

Itulah kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12, 14, 15, dan 16 Subtema 1, Keberagaman Budaya Bangsaku.

Jangan lupa belajar ya adik-adik. Semoga bermanfaat.***

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU