Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 Pembelajaran 1 terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 yang berjudul Persatuan dalam Perbedaan.
Tema 2 Subtema 1 yaitu Rukun dalam Perbedaan kelas 6 SD dan MI. Selain itu, kunci jawaban ini juga bisa dijadikan panduan dan pembanding bagi orang tua untuk memeriksa jawaban anaknya.
Dilansir dari laman Portal Jamber dari alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember, Anismoro Nalendri Lesthianingrum S.Pd, Berikut Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 halaman 2
Ayo Membaca
Amatilah tulisan berikut!
Apa yang kamu ketahui tentang teks tersebut?
Jawaban: Teks tersebut merupakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Hal lain apa yang ingin kamu ketahui tentang teks tersebut?
Jawaban: Hal lain yang ingin saya ketahui teks tersebut yaitu tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dari teks Proklamasi.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 halaman 3
Berdasarkan teks tersebut, isilah peta pikiran berikut!
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Apa
Jawaban: Apa yang menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia?
Pembahasan: Proklamasi Kemerdekaan yang terjadi pada 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi Indonesia, yang dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaannya.
Mengapa
Jawaban: Mengapa Jepang menyerah kepada tentara Sekutu?
Pembahasan: Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.
Siapa
Jawaban: Siapa yang membacakan teks Proklamasi pada 17 Agustus 1945?
Pembahsan: Pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati dan dikibarkan.
Bagaimana
Jawaban: Bagaimana konsep penulisan teks proklamasi dilakukan?
Pembahasan: Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.
Kapan
Jawaban: Kapan teks Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soerkarno?
Pembahasan: Teks Proklamasi di bacakan oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945.
Di mana
Jawaban: Di mana teks Proklamsi ditulis?
Pembahasan: Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1
Diskusikan peta pikiranmu dengan temanmu!
Kamu dapat mengembangkan informasi pada peta pikiran tersebut dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kata-katamu sendiri.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 halaman 4
Ayo Berdiskusi
Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Bacalah teks tentang Proklamasi Kemerdekaan sekali lagi.
Tulislah makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia pada kolom berikut!
Jawaban:
Sebagai puncak dari perjuangan Indonesia, pengakuan kepada dunia luar, menaikkan martabat bangsa, perjuangan sebagai negara baru dan bagi sejarah negara Indonesia.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 halaman 5
Apa makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu?
Tulislah paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu!
Jawaban:
Sebagai akhir penjajahan di Indonesia, menunjukkan persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia, perjuangan dari para pahlawan Indonesia saat melawan penjajah.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 halaman 6
Bagaimana bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya?
Diskusikan pendapatmu secara berkelompok.
• Kamu dan kelompokmu akan berpetualang di lingkungan sekolah. Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan.
• Tugas kelompokmu adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan dan habitatnya, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.
• Pilih satu tanaman, lalu temukan ciri-ciri dan cara beradaptasinya. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada peta pikiran berikut!