kunci jawaban tema 2 kelas 6 subtema 1 Halaman 33 34 35 36 Pembelajaran 5

kunci jawaban tema 2 kelas 6 subtema 1 Halaman 33 34 35 36 Pembelajaran 5, yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Tema 2 tentang Persatuan dalam Perbedaan di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Pada Tema 2 ini kita akan belajar Subtema 1 Pembelajaran 5 dengan judul Rukun dalam Perbedaan. Materi yang dibahas yaitu menemukan makna proklamasi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah, dan di sekitar, menggambar pola lantai tari daerah dan mempraktikkannya, dan menyelesaikan soal cerita hitung campur dan pecahan.

Pada masing-masing materi tersebut disajikan pertanyaan dan soal yang harus dijawab siswa.

Berikut Kunci Jawaban Tema 2 kelas 6 SD/MI Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 33 34 35 36 :

kunci jawaban tema 2 kelas 6 Halaman 33

Ayo Menulis

Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!

Jawaban:

Makna proklamasi kemerdekaan yang tercermin dari kegiatan Edo dan teman-temannya sesuai teks terlampir adalah dengan mencintai dan bangga atas kebudayaan bangsa Indonesia. Edo dan kawan-kawanya memperkenalkan permainan Rangku Alu yang berasal dari NTT.

Baca Juga:  Tari Selamat Datang: Sejarah, Makna, Gerakan, Properti dan Busana

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?

- Iklan -

Jawaban:

Saya belajar dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna proklamasi kemerdekaan adalah bahwa kecintaan dan kebanggan atas kebudayaan bangsa harus diwujudkan secara nyata dengan aktif melestarikan kebudayaan tersebut dengan memperkenalkannya pada khalayak umum.

Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!

Jawaban:

Beberapa contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari baik itu di rumah, sekolah maupun masyarakat.

– Di lingkungan rumah, makna proklamasi diwujudkan dengan menerapkan sikap persatuan dan kesatuan dengan sesama anggota keluarga.

-Di lingkungan sekolah, makna proklamasi diwujudkan dengan belajar sungguh-sungguh dalam mengisi kemerdekaan bangsa.

– Di lingkungan masyarakat, wujud penerapan makna proklamasi adalah dengan mempererat persaudaraan dalam suasana kekeluargaan dengan kerja bakti, gotong royong, musyawarah demi kepentingan bersama dan masih banyak lagi lainnya.

Makna proklamasi kemerdekaan dapat diwujudkan dengan mencintai dan bangga atas kebudayaan bangsa Indonesia. Kecintaan atas kebudayaan bangsa harus diwujudkan secara nyata dengan aktif melestarikan kebudayaan tersebut .Makna proklamasi juga dapat diterapkan baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Baca Juga:  Manajemen : Pengertian , Jenis, Teori ,dan keterampilan

Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu.

kunci jawaban tema 2 kelas 6 Halaman 34 dan 35

Ayo Berkreasi

Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya. Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!

Jawaban:

1. Tari Seudati: pola lantai lurus/garis vertikal

 

Pola lantai lurus
Pola lantai lurus Buku Tematik Kemendikbud

 

2. Tari Andun: pola lantai diagonal

Pola Lantai Diagonal
Pola Lantai Diagonal Buku Tematik Kemendikbud

 

3. Tari Tandak: pola lantai melengkung

 

Pola lantai melengkung.
Pola lantai melengkung. Buku Tematik Kemendikbud

 

4. Tari Tambun dan Bungai: pola lantai lurus/garis vertikal

Gambar pola lantai lurus (sudah terlampir dilampiran)

Bandingkanlah gambar pola lantaimu dengan milik teman kelompokmu. Praktikkanlah semua pola lantai tersebut dengan mereka.

Apakah kamu mengalami kesulitan dalam mempraktikkan pola lantai tarian daerah?

Jawaban: Tidak.

Bagaimana kamu menyikapi perbedaan dengan teman?

Jawaban: Menghargai dan menghormati perbedaan yang dimiliki dengan teman karena semua manusia sama di mata tuhan.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU