Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.
Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan.
Cermati kembali teks eksplanasi tersebut.
Temukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif dalam teks, dan perbaiki! Tulis dalam tabel berikut!
Jawaban:
KOSA KATA TIDAK BAKU | PERBAIKAN KOSAKATA BAKU | KALIMAT TIDAK EFEKTIF | PERBAIKAN KALIMAT TIDAK EFEKTIF |
---|---|---|---|
dipake, buat | dipakai, untuk | Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake untuk penerangan di berbagai tempat. | Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipakai untuk penerangan di berbagai tempat. |
banget | sekali | Rangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. | Rangkaian seri sering sekali kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. |
buat | untuk | Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. | Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi untuk penerangan adalah gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. |
– | – | Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. | Rangkaian paralel akan sangat membantu penghematan biaya listrik. |
– | – | Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan. | Kita hanya perlu menyalakan lampu sesuai kebutuhan. |
Sekarang, coba temukan informasi penting dari teks eksplanasi tersebut sesuai dengan urutan paragrafnya.
Jawaban:
– Paragraf 1: Topik Masalah
Penggunaan rangkaian seri dan paralel saling melengkapi dalam kehidupan manusia.
– Paragraf 2: Deret Penjelas
Lampu di kelasku menggunakan rangkaian campuran yang terdiri dari 3 saklar dan 4 lampu.
Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka lampu 1 (L1) menyala. Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka lampu 2 (L2) menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala.
L3 dan L4 adalah rangkaian seri, sedangkan L1, L2, dan L3-L4 adalah rangkaian paralel.
– Paragraf 3: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Rangkaian paralel dapat menghemat listrik karena lampu dapat dinyalakan sesuai kebutuhan.
Temukan jenis rangkaian lampu yang terdapat pada satu ruangan yang ada di sekolahmu.
Perhatikan langkah-langkah berikut:
• Pilih satu ruangan di sekolah yang kamu sukai.
• Amati jenis rangkaian yang digunakan dengan memperhatikan jumlah sakelar dan jumlah lampu di ruangan tersebut.
• Nyala dan matikan sakelar untuk mengetahui posisi lampu yang menyaladan yang mati.
• Catat hasil pengamatanmu.
• Gambar rangkaian lampu tersebut sesuai dengan hasil pengamatan.
Simpan hasil kerjamu untuk digunakan pada pertemuan berikutnya!
Ayo Renungkan
• Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
• Apa manfaatnya di masa depan?
• Sudahkah aku teliti saat melakukan pengamatan rangkaian lampu?
—
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan pada orang tua tentang kegiatanmu hari ini.
Bersama orang tua, amati rangkaian lampu yang ada di rumah. Apakah terdapat rangkaian listrik campuran? Diskusikan bersama orang tua tentang hal tersebut.
____________
*)Disclaimer:Â Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.