Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6, Subtema 3 Ayo, Menjadi Penemu Pembelajaran 4 Halaman 135 136 137 138 139 140 141 dan 142

Kunci Jawaban Halaman 138 dan 139

Ayo Mengamati

Selain lampu lalu lintas, terdapat juga rambu-rambu lalu lintas lainnya. Amati rambu-rambu berikut!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 135 136 137 138 139 140 141 142, Subtema 3 Pembelajaran 4

Diskusikan dengan seorang temanmu mengenai rambu-rambu tersebut untuk menjawab pertanyaan berikut!

1. Apa arti dari masing-masing rambu tersebut?

Jawaban:

(1) Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintas arah lainnya.
(2) Dilarang berjalan terus apabila mengakibatkan rintangan, hambatan, gangguan bagi lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan.
(3) Dilarang berjalan terus pada persilangan-persilangan sebidang lintasan kereta api jalur tunggal, wajib berhenti untuk mendapat kepastian aman.
(4) 
Larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda dua.
(5) Rambu petunjuk jurusan yang menyatakan arah. Pada gambar menunjukkan arah Cibitung.
(6) Rumah sakit.
(7) Rambu petunjuk jurusan daerah wisata Dieng dengan jarak 10 km.

2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan?

Jawaban:

- Iklan -

Sebagai peringatan dan mencegah kecelakan. Maupun sebagai petunjuk arah bagi pengguna jalan.

3. Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan?

Jawaban:

Mereka tidak tahu bahaya yang mungkin ada sehingga dapat menimbulkan kecelakaan. Selain itu, pengguna jalan dapat kebingungan arah tujuan yang dituju.

4. Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu-rambu tersebut!

Jawaban:

Pernah, seperti larangan masuk untuk semua jenis kendaraan, rambu dilarang berhenti, dilarang parkir, dan rambu-rambu persimpangan jalan.

Sekarang bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu dengan tanggung jawab saat di jalan raya? Ayo, ceritakan.

Hal-hal yang perlu kamu tulis adalah:
1. Contoh hak yang sudah kamu dapatkan.
2. Contoh kewajiban yang sudah kamu laksanakan.
3. Penilaianmu mengenai hak dan kewajiban tersebut. Apakah hak yang kamu dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang kamu laksanakan?
4. Manfaat dari melaksanakan hak dan kewajiban secara tanggung jawab.
5. Hal-hal yang masih perlu kamu perbaiki dalam melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.
6. Apa yang dapat kamu perbaiki dari dirimu di masa yang akan datang?
7. Menurutmu, kenapa lampu rambu lalu lintas berbentuk lingkaran? Apa yang terjadi jika bentuknya bukan lingkaran?

Baca Juga:  Tari Perang : Sejarah, Makna, Properti, Gerakan dan Busana

Jawaban:

Sebagai seorang anak di rumah saya sudah mendapatkan hak saya. Beberapa hak yang saya peroleh misalnya hak untuk bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak serta bertempat tinggal. Namun saya juga sudah melaksanakan kewajiban saya sebagai anak di rumah. Saya sudah membantu orang tua di rumah, belajar dengan baik dan tekun. Menurut saya hak yang saya dapatkan lebih besar daripada  kewajiban yang harus saya laksanakan karena terkadang kita lupa akan kewajiban tersebut. . 

Ternyata dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab hidup terasa tidak berat, hidup menjadi lebih teratur dan disiplin. Salah satu hal yang ingin saya perbaiki adalah ingin lebih taat dan teratur dalam melaksanakan hak dan kewajiban tersebut. Insya Allah dengan sholat 5 waktu tepat pada waktunya, lebih rajin membantu orang tua, belajar dengan sungguh-sungguh. 

Menurut saya rambu lalu lintas berbentuk lingkaran bertujuan mmudahkan para pengguna jalan agar dapat terlihat jelas walaupun dari jauh ataupun ketika melalui lampu lalu lintas. Jika rambu lalu lintas tidak berbentuk lingkaran yang pastinya akan membuat pengendara lebih susah melihat dan memperhatikan rambu lalu lintas

Ayo, terus berusaha untuk menjadi penemu. Seorang penemu mempunyai sikap pantang menyerah. Sekarang kita akan menemukan luas dan keliling lingkaran ketika digabungkan dengan bangun lainnya.

Kunci Jawaban Halaman 140

Ayo Berdiskusi

Baca Juga:  5 Tips Digital Marketing untuk Industri Kesehatan

Bekerjalah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Setiap kelompok akan diberikan satu soal. Carilah luas dan keliling dari bentuk yang diarsir berikut.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 135 136 137 138 139 140 141 142, Subtema 3 Pembelajaran 4

Jawaban:

Bangun 1
Luas = 2 x Luas Lingkaran + Luas Persegi
L = (2 x π × r × r) +  s²
L = (2 x 22/7 x 7 x 7) + 14²
L = (2 x 154) + 196 cm²
L = 308 cm² + 196 cm²
L = 504 cm²
Keliling = 2 x keliling lingkaran
K = 2 x (2 × π × r)
K = 2 x 2 x 22/7 x 7
K = 2 x 44
K = 88 cm
Bangun 2
Luas = Luas persegi – Luas Lingkaran
L = 14² – ( π × r × r)
L = 196 cm² + 22/7 x 7 x 7
L = 196 – 154
L = 42 cm²
Keliling = Keliling persegi + keliling lingkaran
K = (4 x 14) + (2 × π × r)
K = 56 cm + (2 x 22/7 x 7)
K = 56 + 44 cm
K = 100 cm
Bangun 3
Luas = Luas Persegi panjang – luas setengah lingkaran
L = (p x l ) – (1/2 x π × r × r)
L = (20 x 10) – (1/2 x 22/7 x 7 x 7)
L = 200 – (1/2 x 314)
L = 200 – 157
L = 43 cm²
Keliling = Panjang Persegi Panjang + Keliling setengah lingkaran
K = 20 + (1/2 x 2 × π × r)
K = 20 + (1/2 x 62,8)
K = 20 + 31,4
K = 51,4 cm
Bangun 4
Luas = Luas 1/2 lingkaran
L = 1/2 x π×r²
L = 1/2 x 3,14×10×10
L =1/2 x 314 cm²
L =157 cm²
Keliling = 4 x jari – jari + Keliling setengah lingkaran
K = (4 x 10) + (1/2 2 π r)
K = 40 + (1/2 x 2 x 3,14 x 10)
K = 40 + (1/2 x 62,8)
K = 40 + 31, 4
K = 71,4 cm
Presentasikan hasilmu di depan kelas!
Apa yang dapat kamu simpulkan? Bagaimana cara menemukan luas bangun gabungan?
Jawaban:
Luas gabungan adalah hasil penjumlahan luas bangun-bangun penyusun bangun gabungan.
Bagaimana cara menemukan keliling bangun gabungan?
Jawaban:
Cara menghitung keliling bangun gabungan adalah dengan menjumlahkan sisi-sisi yag terletak di luar bangun gabungan dengan tidak memperhatikan sisi-sisi bagian dalam atau sisi yang merupakan irisan bangun gabungan.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU