Hallo! Kali ini kita akan membahas Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 tentang Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 3 Halaman 108 dan 109.
Pembahasan kunci jawaban berikut berdasarkan pada Tema 4 yaitu Sehat Itu Penting, Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 3 yang mulai dari halaman 107 sampai 115.
Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.
Sementara itu, pembahasan soal kunci jawaban berada di halaman 108, 109, 111, 112, dan 114. Materi yang dibahas berupa ‘mengamati pantun’, ‘mengamati gambar gotong royong’, ‘mengamati pelaksanaan musyawarah untuk penerapan tanggung jawab dalam masyarakat’, dan ‘membaca bacaan tentang interaksi sosial’.
Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.
Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 4, Subtema 3, pembelajaran 3 untuk Kelas 5 SD/MI berikut.
Dayu membacakan pantun buatannya di depan kelas. Pantun Dayu jenis pantun jenaka. Dayu berhasil membuat tertawa teman-temannya melalui pantunnya. Artinya, Dayu berhasil menyampaikan amanat dari pantun itu. Apa makna amanat pantun?
Pagi ini Dayu dan teman satu kelasnya sedang mengikuti pelajaran tentang pantun.
Ibu Guru menjelaskan cara pembuatan pantun. Ibu Guru menjelaskan bahwa membuat pantun harus memperhatikan sajak dalam pantun. Misalnya, akhiran baris pertama adalah n maka baris ketiganya juga harus n. Jika akhiran baris keduanya t, maka akhiran baris keempatnya juga harus t seperti contoh pantun berikut.
Jalan-jalan dekat pohon, (akhiran baris adalah n)
Tempat indah hijau rumput (akhir baris t)
Pada Tuhan kita memohon, (akhiran baris adalah n)
sesuai ajaran yang kita anut (akhir baris t)
Bu Guru juga menjelaskan, bahwa membuat pantun harus memperhatikan amanat atau pesan dan nasihat yang ingin disampaikan kepada pembaca. Bu Guru menyontohkan sebuah pantun yang mengandung amanat ajakan kepada masyarakat untuk ikut bergotong royong. Berikut contoh pantunnya.
Siang-siang makan buah dondong
Rasa takut melihat besarnya ular
Mari kita melakukan gotong royong
Agar pekerjaan cepat kelar
Gotong royong merupakan salah satu jenis tanggung jawab warga masyarakat. Apa sebenarnya gotong royong itu? Mengapa gotong royong menjadi tanggung jawab warga masyarakat?
Ayo Mengamati
Contoh bentuk kegiatan gotong royong. Berdasarkan gambar di atas, buatlah kesimpulan tentang pengertian gotong royong, unsur-unsur gotong royong, dan manfaat gotong royong.
Kunci Jawaban Halaman 108 dan 109
Ayo Menulis
1. Gotong royong adalah…
Jawaban:
Gotong royong adalah bentuk kerja sama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.
2. Unsur-unsur gotong royong meliputi…
Jawaban:
Beberapa unsur gotong royong meliputi:
– Tanpa pamrih (tanpa harapan balas jasa).
– Kerja atau usaha tersebut bermanfaat bagi kepentingan bersama.
– Usaha atau kegiatan kerja bersama
– Setiap partisipan berpartisipasi menurut kemampuan masing-masing.
– Berdasarkan keikhlasan dan suka rela.
3. Manfaat gotong royong adalah…
Jawaban:
Manfaat gotong royong adalah:
– Meringankan beban, waktu dan biaya.
– Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama.
– Menambah kokohnya rasa persatuan dan kesatuan.
– Mempertinggi ketahanan bersama.
– Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat.
– Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional
Ayo Membaca