1. Bidang Ekonomi
Kepentingan ekonomi adalah kepentingan seseorang yang saling bergantung satu sama lain. Hubungannya dalam perdagangan dan kebutuhan pemenuhan makan, sandang, dan papan. Interaksi dalam ekonomi dapat kita jumpai di pasar atau tempat perbelanjaan, di tempat terjadinya proses interaksi ekonomi.
2. Bidang Politik
Jenis kepentingan ini digunakan oleh para anggota pemerintahan dan anggota partai politik untuk menjalankan kekuasaan negara. Di dalam kepentingan politik, terdapat juga kepentingan keamanan dan pertahanan. Kepentingan ini, secara umum ditandai dengan adanya proses transaksi politis dan kesepakatan untuk menjalankan negara.
3. Bidang Sosial dan Budaya
Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menimbulkan interaksi dalam masyarakat karena kedudukan seseorang ditentukan oleh pengakuan masyarakat sekitarnya. Jadi, mencari kedudukan tanpa pengakuan masyarakat sangat tidak mungkin terjadi.
Sementara itu, kepentingan bidang budaya berkaitan dengan pola-pola perilaku, bahasa, organisasi sosial, religi, dan seni yang telah menjadi kebiasaan turun-temurun dari leluhur. Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidak menutup kemungkinan akan ikut berinteraksi pula dalam bidang budaya sehingga terjadi pengaruh budaya yang satu ke budaya yang lain.
4. Bidang Moral
Kepentingan moral, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinan akan rendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayah tertentu. Situasiyang demikian menggugah para pemerhati sosial untuk menggalang kegiatan moral agar mutu masyarakat meningkat. Contoh kepentingan moral, yaitu siar agama, pelatihan keterampilan masyarakat, dan pembinaan masyarakat oleh pemerintah.
Kunci Jawaban Halaman 114
Ayo Menulis
Cobalah tuliskan bentuk interaksimu dalam kolom berikut.
Jawaban:
BENTUK INTERAKSI YANG PERNAH SAYA LAKUKAN | |||
---|---|---|---|
BIDANG EKONOMI | BIDANG POLITIK | BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA | CBIDANG MORAL |
Membayar barang belanjaan di kasir | Melakukan musyawarah kelas | Membersihkan lingkungan sekolah secara bersama-sama | Memuliakan kedua orangtua dan guru |
Membeli pulsa elektronik di counter pulsa | Melakukan pidato untuk pemilihan ketua kelas | Membayar iuran kelas untuk membeli perlengkapan kelas | Berperilaku dan bertutur kata penuh sopan santun |
Melakukan transaksi jual beli secara online | Bergabung dan aktif dalam organisasi sekolah | Mengikuti kerja bakti bersih desa | Berkata jujur kepada orang lain |
Melakukan tawar menawar di pasar | Mencalonkan diri dalam Pemilihan Ketua Kelas | Bekerja bersama melaksanakan piket kelas | Menghormati dan menghargai guru |
Membeli alat-alat tulis di toko alat tulis | Berdebat dalam diskusi kelas | Membantu teman yang mengalami musibah | Menghargai pendapat teman dalam diskusi |
Ayo Renungkan
Setiap orang selalu melakukan interaksi dengan orang lain. Sekarang, coba kamu renungkan interaksi dalam bidang apa sajakah yang pernah kamu lakukan dengan orang lain? Coba kamu tuliskan pengalaman berinteraksimu dengan orang lain! Apakah dalam berinteraksi kamu menghadapi masalah?
Tuliskan dalam kolom berikut!
Jawaban:
Hampir semua bentuk interaksi seperti di atas sudah pernah saya lakukan. Misalnya dalam bidang ekonomi saya pernah membeli pulsa di konter pulsa, dalam bidang politik saya pernah melakukan pemilihan ketua kelas, dalam bidang sosial budaya saya pernah membantu teman yang kesulitan dalam belajar, sedangkan dalam bidang moral saya selalu menghormati guru dan orang tua.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikan permasalahan berikut ini bersama orang tuamu di rumah! Pada era globalisasi seperti saat ini, interaksi budaya semakin terbuka lebar. Bahkan, budaya daerah bisa berinteraksi dengan budaya luar negeri. Bagaimanakah upaya yang dapat kamu lakukan, agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang belum tentu sesuai oleh pribadi bangsa Indonesia? Tuliskan hasil diskusimu bersama orang tua agar dinilai Bapak/Ibu Guru.
Jawaban:
Agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang belum tentu sesuai oleh pribadi bangsa Indonesia, caranya adalah dengan memilah kebudayaan asing yang masuk, menerapkan kebudayaan daerah pada kehidupan sehari-hari, dan melestarikan budaya daerah.
———-
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.