Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3, Subtema 2 Perubahan Cuaca, Pembelajaran 4 Halaman 91, 92, 93, dan 95

Kunci Jawaban Halaman 91

Ayo Berdiskusi

Edo, Beni, dan Udin telah selesai membaca kedua artikel berita tentang perubahan cuaca. Mereka lalu berdiskusi untuk menemukan kata atau istilah khusus dari kedua artikel tersebut.

Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu di kolom berikut ini.

Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 92

Ayo Bercerita

Edo, Beni, dan Udin telah menemukan kata atau istilah khusus tentang perubahan cuaca dalam artikel 1 dan 2. Mereka lalu menceritakan kata atau istilah khusus tersebut di hadapan teman-teman. Mereka menceritakan dengan bahasa sendiri.

Dapatkah kamu bercerita tentang kata atau istilah khusus yang kamu temukan di artikel 1 dan 2 Lakukan bersama temanmu. Lakukan secara bergiliran.

Jawaban:

Artikel 1

- Iklan -

Kondisi cuaca ternyata memiliki berpengaruh besar terhadap manusia. Udara sejuk dapat membuat tidur menjadi nyenyak. Kebalikannya, cuaca panas membuat kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman. Cuaca hujan dapat membuat alergi kian parah. Cuaca dingin saat hujan menyebabkab alergi bertambah parah.

Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati. Saat cuaca cerah langit terlihat biru dan kicauan burung-burung terdengar membuat hati bahagia.

Artikel 2

Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Cuaca panas dan dingin berganti dengan cepat sehingga orang mudah terserang penyakit. Hal ini menyebabkan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat. Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien saat perubahan cuaca ini. Penyakit itu adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare. Penyakit tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan banyak makan sayur, buah-buahan, dan minum air putih, dan banyak berolahraga.

Kunci Jawaban Halaman 93

Ayo Mengamati

Baca Juga:  Sejarah Dan Keunikan Cappadocia

Tak terasa, waktu istirahat pun tiba. Udin dan teman-teman hendak bermain di halaman sekolah. Namun, hujan turun rintik-rintik. Mereka lalu kembali ke dalam kelas agar nanti tidak kehujanan. Mereka duduk di lantai dan berdiskusi kegiatan apa yang cocok dimainkan di dalam kelas.

Kegiatan apa yang kamu pilih saat cuaca hujan? Bicarakan dengan teman-temanmu.

Jawaban:

Saat cuaca hujan ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di dalam rumah. Misalnya saja bermain kelerang, bermain lompat tali, bermain tapak gunung, dan membaca buku

Udin dan teman-teman memilih beristirahat di kelas saat cuaca hujan. Udin dan teman-teman bersama-sama mendorong meja dan kursi ke pinggir, bersisian dengan dinding. Kini, mereka dapat beristirahat dan bermain di ruang kelas yang lebih lapang.

Waktu istirahat telah usai. Saatnya merapikan kembali mainan yang telah digunakan. Udin dan teman-teman membersihkan bekas kapur permainan tapak gunung, merapikan tali, buku, dan kelereng. Meja dan kursi ditarik kembali ke posisi semula. Kelas pun kembali rapi dan bersih.

Kunci Jawaban Halaman 95

Ayo Menulis

Aktivitas Udin dan teman-teman saat istirahat tadi beragam. Namun, mereka tetap bersatu untuk merapikan kelas kembali seperti semula.

Apakah kamu pernah memiliki pengalaman yang sama dengan Udin dan teman-temannya? Mengapa bersatu dalam keberagaman itu penting?

Jawaban:

Bersatu dalam keberagaman sangat penting karena dapat mewujudkan pergaulan antarsesama yang lebih akrab. Kemudian, perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah

Tuliskan pengalamanmu pada lembar yang tersedia. Jika telah selesai menulis, gunting lembaran tersebut dan pajanglah di kelasmu. Kamu boleh bercerita kepada teman tentang pengalamanmu.

Baca Juga:  Panduan Lengkap untuk Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49

Ayo Beraktivitas

Dayu melihat ke langit. Cuaca hujan berangsur-angsur menghilang, berganti dengan cuaca berawan. Sesekali angin bertiup agak kencang. Udara terasa sejuk saat cuaca berawan. Ini waktu yang tepat untuk beraktivitas di luar ruangan. Dayu mengajak teman-teman berkumpul di halaman sekolah.

Dayu bertugas menjadi pemimpin barisan. Dayu dan teman-teman berbaris dengan rapi. Mereka mengatur barisan agar setiap orang memiliki ruang yang cukup untuk bergerak. Dayu meminta teman-teman melakukan gerakan berputar seperti tertiup angin. Gerakan harus tetap seimbang tanpa terjatuh.

Dapatkah kamu mengikuti gerakan Dayu? Lakukan sambil menghirup udara. Rasakan hembusan angin dan sejuknya udara di saat cuaca berawan.

_______________

<1–nextpage–>

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua membimbing siswa untuk melakukan aktivitas fisik di luar rumah saat cuaca cerah atau berawan.

—

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 5 Cuaca Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 5 Cuaca Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU