Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk lingkaran. Ia mengguntingnya menjadi tiga bagian sama besar. Edo memberikan bagian kain yang pertama untuk Siti.
Edo memberikan potongan bagian kain yang kedua untuk Dayu dan Lani. Masing-masing mendapatkan 1/3 bagian lingkaran.
Sekarang Edo menggunting kain berbentuk persegi. Ia memotongnya menjadi empat bagian sama besar. Ini potongan kain yang pertama.
Ini potongan kedua.
Ini potongan ketiga dan keempat
Potongan kain akan diberikan kepada Edo, Beni, Udin, dan Ibu Edo. Masing-masing akan mendapatkan 1/4 bagian persegi.
Ayo Mengamati
Mengurangkan Pecahan Berpenyebut Sama
Edo memberi potongan kain dengan melakukan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama. Cara untuk mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya adalah dengan mengurangkan pembilangnya saja. Mengapa?
Perhatikan contoh berikut!
Untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama, kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap.
Jadi, jika kita mengurangi pecahan berpenyebut sama, maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
Dapatkah kamu melakukan operasi pengurangan pecahan dengan penyebut sama?
Kunci Jawaban Halaman 184
Kerjakanlah latihan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama berikut ini!
Jawaban
Ayo Berkreasi
Karya dengan Teknik Menempel dan Menjahit
Edo sudah membagikan kain untuk membuat karya. Karya dengan kain ini termasuk seni rupa 3 dimensi. Ibu Edo menjelaskan bahwa seni rupa 3 dimensi ini bermacam-macam teknik membuatnya.
Teknik yang digunakan oleh ibu Edo namanya teknik aplikasi. Teknik ini menggunakan teknik menempel dan menjahit.
Edo dan teman-teman sudah memegang potongan bagian kain masing-masing. Ibu Edo lalu mengajari cara menjahit potongan kain tersebut dengan teknik feston.
Mereka akan melanjutkan karya ini sebelum Pak Tono datang ke rumah Edo. Perhatikan baik-baik cara membuat karya dengan teknik menempel dan menjahit ini.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua membimbing siswa untuk menjahit feston.
*)Disclaimer:Â Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 5 Cuaca Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 5 Cuaca Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.