Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD MI Tentang Bacaan Prestasi Gusnadi Wiyoga Halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, 69 

Hallo! Kali ini kita akan membahas kunci jawaban tema 5 kelas 4 SD MI halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, dan 69 tentang bacaan “Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan”.

Artikel ini disusun guna membantu adik-adik SD MI dalam mengikuti pembelajaran dari rumah di masa pandemi Covid-19.

Jangan lupa memperhatikan langkah-langkah pengerjaan soal di halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, dan 69 tentang bacaan “Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan”.

Tema 5 kelas 4 SD MI subtema 2 “Pahlawanku Kebanggaanku” pembelajaran 2 mengajak adik-adik untuk mengetahui kisah perjuangan para pahlawan di masa lalu.

Pada pembahasan kali ini, kita akan belajar tentang kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 SD MI Tema 5 Subtema 2 “Pahlawanku Kebanggaanku” Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud.

Kunci jawaban yang akan dibahas kali ini yaitu jawaban dalam soal subtema 2 pembelajaran 2 halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, dan 69 tentang bacaan “Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan”.

Sebelum membaca kunci jawaban dalam artikel ini, sebaiknya Adik-adik mengerjakan soal di halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, dan 69 tentang bacaan “Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan” terlebih dahulu.
Adik-adik bisa minta bantuan kakak, ibu, atau ayah apabila mengalami kesulitan.

Setelah mengerjakan soal di halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, dan 69 tentang bacaan “Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan”, mintalah bantuan kakak, ibu, atau ayah untuk mengoreksi jawaban Adik-adik.

Setelah selesai dikoreksi, Adik-adik bisa menggunakan kunci jawaban di bawah ini untuk mencocokkan jawaban Adik-adik.

- Iklan -

Dari alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, Ummi Aslihatun Nadiroh, S.Pd., berikut ini adalah kunci jawaban tema 5 kelas 4 SD dan MI subtema 2 pembelajaran 2 halaman 62, 63, 64, 66, 67, 68, dan 69 tentang bacaan “Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan”.

Baca Juga:  Tari Lenso : Sejarah, Makna, Properti, Gerakan, dan Busana

PEMBELAJARAN 2
AYO MEMBACA

Halaman 62

Berdasarkan teks berjudul “Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan” di halaman 61-62, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga?

Jawaban: Adapun prestasi yang Gusnadi Wiyoga, yaitu berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado, mendapatkan medali perak pada ajang International Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011, serta pernah mewakili Indonesia pada lomba matematika di Hong Kong (2007).
2. Apa usaha yang Yoga lakukan untuk meraih prestasi itu?

Jawaban: Untuh meraih prestasi, Yogaterbiasa belajar mandiri tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, Yoga tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah.

3. Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga yaitu tidak patah semangat, sederhana, rajin belajar, bekerja keras, dan selalu berusaha.

4. Apakah sikap Yoga tersebut mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Sikap Yoga mencerminkan sila kelima Pancasila. Yoga selalu bekerja keras untuk meraih prestasinya.

Hal tersebut sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila, yaitu “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Sikap kerja keras yang dilakukan Yoga menjadi bukti bahwa setiap warga negara yang mau bekerja keras, maka akan mendapatkan prestasi yang diinginkan.

Halaman 63

Amati simbol di atas. Jelaskan arti dari simbol tersebut!

Jawaban: Simbol padi dan kapas mencerminkan sila kelima Pancasila, yaitu “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Padi melambangkan pangan dan kapas melambangkan sandang. Hal tersebut memiliki arti bahwa seluruh warga negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk memperoleh pangan dan sandang sesuai usaha masing-masing.

Baca Juga:  Mendikdasmen Ajak Para Guru Wujudkan Pendidikan Bermutu

Apa hubungan simbol dengan maknanya?

Simbol padi dan kapas merepresentasikan wujud pangan dan sandang sebagai kebutuhan pokok masyarakat indonesia.

Simbol padi dan kapas menunjukkan bahwa seluruh warga negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk memperoleh pangan dan sandang sesuai usaha masing-masing.

AYO BERDISKUSI

Halaman 64

Bacalah cerita berikut dan diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaannya bersama kelompokmu!

1. Apakah Edo sudah membagi pekerjaan secara adil? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban: Berdasarkan gambar yang ditunjukkan di halaman 64, Edo belum membagi pekerjaan secara adil. Edo, udin, dan Lani asyik mengobrol, sedangkan Siti mengerjakan tugas kelompok seorang diri.

2. Apakah sikap Edo dan teman-temannya mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabamu!

Jawaban: Sikap Edo dan teman-temannya belum mencerminkan sila kelima Pancasila. Hal tersebut dikarenakan tugas kelompok tidak dikerjakan secara adil. Edo, udin, dan Lani asyik mengobrol, sedangkan Siti mengerjakan tugas kelompok seorang diri.

3. Apa yang akan terjadi jika pada saat kerja kelompok, tugas tidak dibagi secara adil?

Jawaban: Hal yang akan terjadi jika tugas tidak dibagi secara adil pada saat kerja kelompok, yaitu: tugas tidak cepat selesai, memberatkan salah satu atau sebagian anggota kelompok, tugas tidak selesai dengan maksimal, serta menimbulkan kecemburuan sosial antarteman.

Sikap apa lagi yang sesuai dengan sila kelima pancasila? Cari dan diskusikan dengan temanmu!

Sikap : Saling menghargai dan menghormati antarteman yang berbeda suku dan agama.
Alasan : Semua orang berhak diperlakukan sama meskipun memiliki perbedaan.

Sikap : Menolong teman yang membutuhkan.
Alasan : Setiap orang berhak diberikan pertolongan apabila membutuhkan.

Sikap : Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban.
Alasan : Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara adil agar kehidupan berjalan seimbang.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU