Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, Pembelajaran 2 Buku Tematik Halaman 10, 11, 12, 13, 15, 16, 17, 18 dan 20

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 SD/MI halaman 10, 11, 12, 13, 15, 16, 17, 18, 20.

Pertanyaan yang dimulai dari halaman 10 sampai 21 tersebut, merupakan materi Pembelajaran 2, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan. Subtema 1 yang dimaksud adalah Tema 5 berjudul Pahlawanku pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Diharapkan kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 di bawah ini dapat membantu guru dan orang tua siswa dalam mengoreksi tugas anak.

Kunci Jawaban Halaman 10

Ayo Menulis

Apa yang dilakukan oleh Raja Purnawarman? (jawab di no 1, 2 , dan 3)

Jawaban:
1. Raja Purnawarman membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya.
2. Raja Purnawarman juga membasmi perampok.
3. Raja Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama.

Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Purnawarman dikatakan sebagai pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Setuju, karena apa yang dilakukan Raja Purnawarman adalah sebuah perjuangan untuk kepentingan rakyatnya.

Kunci Jawaban Halaman 11

Raja Purnawarman membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya. Dengan adanya saluran air tersebut, ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau. Raja Purnawarman juga membasmi perompak. Tindakan ini membuat kerajaan Tarumanegara menjadi aman.

- Iklan -

Menurutmu, apakah Raja Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama?

Jawaban: Ya, karena raja purnawarman adalah sosok yang bertanggung jawab terutama pada para rakyatnya.

Menurutmu, apakah Raja Purnawarman bijaksana dalam menyelesaikan masalah?

Jawaban: Ya, karena Raja Purnawarman terkenal dengan kebijaksanaanya melayani dan membantu rakyat yang mengalami kesusahan.

Kunci Jawaban Halaman 12 – 13

Tahukah kamu?

Baca Juga:  Sejarah, Ciri-ciri, Fungsi dan Keunikan Rumah Melayu Atap Limas

Sila keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Makna sila keempat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama, cinta permusyawaratan dan demokrasi, serta bijak menyelesaikan masalah.

Apa simbol sila keempat?

Amatilah simbol sila keempat berikut.

Tulislah makna dari simbol tersebut!

Jawaban:
Makna dari symbol tersebut adalah:
– Mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama
– Cinta permusyawaratan dan demokrasi
– Bijaksana dalam menyelesaikan masalah

Bagaimana hubungan makna sila keempat dengan simbolnya.

Jawaban: Lambang kepala banteng dijadikan sebagai dasar pada sila keempat Pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Banteng merupakan binatang yang suka berkumpul. Sama seperti manusia dalam pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah. Salah satunya dengan berkumpul dan diskusi.

—

Amati gambar berikut!

Budi marah dan membentak Amir yang secara tidak sengaja menginjak kakinya.

Apakah Budi sudah bijak dalam menyelesaikan masalah? Jelaskan jawabanmu.

Jawaban: Budi belum bijak dalam menyelesaikan masalah seharusnya masalah diselesaikan dengan cara damai.

Apakah sikap Budi mencerminkan sila keempat? Jelaskan.

Jawaban: Sikap Budi tidak mencerminkan sila keempat Pancasila.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak bijak menyelesaikan masalah?

Jawaban: Jika masalah tidak diselesaikan dengan cara yang bijak maka akan terjadi permusuhan.


Lani sudah berencana untuk pergi ke rumah neneknya. Tetapi hari itu, kelompok tarinya mendapat undangan dari Pak Lurah untuk menari merayakan hari kemerdekan. Lani menunda rencananya. Ia menari bersama kelompoknya.

Baca Juga:  Sejarah Dan Keunikan Göbekli Tepe

Apakah Lani sudah mendahulukan kepentingan bersama?

Jawaban: Ya Lani lebih memilih ikut latihan menari bersama.

Apakah sikap Lani mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.

Jawaban: Ya Lani lebih mementingkan kepentingan dan tujuan bersama.

Apa yang akan terjadi jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya?

Jawaban: Jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya maka latihan tari tidak dapat dilaksanakan dan tujuan bersma tidak tercapai.

Dayu sangat ingin menjadi ketua kelas. Ia menyatakan bahwa ia adalah ketua kelas. Dayu tidak mau ada musyawarah atau pemungutan suara.

Apakah Dayu sudah menjunjung tinggi musyawarah?

Jawaban: Belum, Dayu belum menjunjung tinggi musyawarah dalam kelompoknya.

Apakah sikap Dayu sudah mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.

Jawaban: Belum, tindakan belum sudah mencerminkan sila keempat Pancasila. Seharusnya dalam musyawarah kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.

Apa yang akan terjadi jika kita memutuskan segala hal tanpa musyawarah?

Jawaban: Jika memutuskan masalah tanpa musyawarah maka akan ada pihak yang dirugikan dan dapat mengakibatkan permusuhan.

Berilah contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke-empat Pancasila.

Jawaban:
– Selalu mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan permasalahan.
– Menghargai hasil musyawarah.
– Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
– Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
– Berhati besar untuk menerima keputusan apapun yang dihasilkan oleh musyawarah.
– Bekerja sama untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU