Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Subtema 3 Belajar Berwirausaha, Pembelajaran 1 Halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129

Kunci Jawaban Halaman 126

Tulislah laporan berdasarkan percobaan yang kamu lakukan.

Jawaban:

Laporan Percobaan Medan Magnet

Tujuan percobaan: Mengidentifikasi medan magnet

Alat dan Bahan:
– Magnet
– Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
– Kertas karton berukuran A4

Langkah-langkah Percobaan:
1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
5. Jauhkan magnet dari kertas.

Hasil Percobaan:
– Ketika kertas karton diketuk, serbuk besi tetap menempel di kertas karton.
– Ketika magnet digerakkan, serbuk besi selalu mengikuti ke manapun magnet pergi.
– Ketika magnet dijauhkan dari kertas, serbuk besi tidak mengalami apa-apa.

Kesimpulan: Serbuk besi membuktikan bahwa medan magnet itu tidak dapat dilihat, namun bisa digambarkan. Kuatnya medan magnet ini tergantung dari jarak terhadap benda serta kekuatan magnet itu sendiri.

Kunci Jawaban Halaman 129

Berdasarkan teks formulir tersebut, jawablah pertanyaan berikut.

- Iklan -
Baca Juga:  Bagaimana Mekanisme Kerja dan Cidera Pada Ligamen?

Apa saja informasi penting yang tercantum dalam pengiriman barang?

Jawaban:

  • Data penerima dan pengirim barang yang meliputi nama, alamat, kode pos, dan nomor telepon.
  • Tanggal pengiriman.
  • Tanda tangan pengirim dan petugas.

Mengapa kita perlu mencantumkan kode pos dalam formulir pengiriman barang?

Jawaban: Untuk mempermudah kurir dalam mengirimkan barang.

Apa yang terjadi jika alamat penerima barang tidak ditulis dengan lengkap? Jelaskan.

Jawaban: Kurir yang mengirim barang tersebut akan kesulitan menemukan alamat si penerima yang dapat mengakibatkan barang tidak sampai ke tangan penerima.

Mengapa kita perlu mencantumkan nomor telepon pengirim dan penerima dalam formulir tersebut?

Jawaban: Agar sang kurir bisa menghubungi penerima untuk mengonfirmasi kesesuaian barang dan alamat, atau menghubungi penerima ketika alamat tak kunjung ditemukan atau terjadi hal lain.

Ayo Renungkan

  • Sebutkan tiga hal yang kamu pelajari hari ini.
  • Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?
  • Apa yang belum kamu pahami?
  • Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?
  • Apa manfaat yang kamu peroleh dari pembelajaran hari ini?
  • Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Baca Juga:  Sejarah Dan Keunikan Peninggalan Arkeologi L’Anse aux Meadows

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan isi teks “Kreativitas yang Membuahkan Hasil” kepada orang tuamu. Apakah kamu juga menemukan pelaku wirausaha yang kreatif di sekitarmu? Pelajari bagaimana mereka melakukan usaha. Diskusikan dengan orang tuamu. Tulislah kesimpulan berdasarkan diskusimu.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Koesrow.blogspot.com

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU