Kunci Jawaban Halaman 35 36
Ayo Membaca
Salah satu makanan yang disukai Udin dan temanteman adalah keripik singkong atau karupuak sanjai yang dibawa oleh Siti. Benipun ingin tahu lebih banyak tentang makanan yang menggunakan bahan dasar singkong.
Bacalah teks berikut !
Pengolahan Singkong
Di daerah Sumatra Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari lauk pauk hingga makanan ringan. Gulai singkong, kue talam singkong, dan kacimuih merupakan makanan yang biasa dibuat untuk konsumsi sehari-hari. Singkong goreng juga sering dibuat di rumah. Daya tahannya paling lama adalah dua hari.
Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memberikan nilai lebih bagi bahan makanan hasil panen melalui berbagai cara. Tekniknya adalah melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong dapat dinikmati dalam jangka waktu lebih lama.
Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong diolah menjadi dakak-dakak, karak kaliang, rendang singkong, dan karupuak singkong pedas. Teknik pengemasan yang baik, mampu membuat makanan tersebut awet hingga 3 bulan atau lebih.
Amati gambar di bawah ini! Lingkari makanan yang dihasilkan oleh teknologi pangan!
Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama.
Jawaban:
Tentukan kalimat utama dari teks bacaan di atas!
Jawaban:
Paragraf 1 : Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan.
Paragraf 2 : Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong
Paragraf 3 : Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan
Buatlah ringkasan dari isi teks “Pengolahan Singkong”! Ceritakan ringkasan yang telah kamu buat di hadapan teman-temanmu!
Jawaban:
Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan.
Ayo Mengamati
Setelah mengetahui pengolahan makanan berbahan dasar singkong, Udin mengajak Edo dan Beni berenang. Udin, Edo, dan Beni senang bermain di kolam renang. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sana. Sambil bersenang-senang, mereka selalu memperhatikan keselamatan diri dan teman di sekitar.
Udin, Edo, dan Beni mencoba gerakan mengambang tanpa pelampung. Edo membantu Beni berlatih mengambang. Edo berdiri di dalam kolam. Tangannya memegang tangan Beni. Beni mengambangkan tubuhnya sambil menggerakkan kaki. Mereka melakukan kegiatan secara bergantian.
Ayo Berlatih
Beni mencoba berlatih mengambang sendiri di kolam dangkal.
Gerak dasar mengambang dapat dilakukan dengan mengikuti tahap-tahap berikut:
- Berdiri tegak di pinggir kolam.
- Peganglah tepi kolam dengan dua jari dari setiap tangan.
- Rapatkan perut pada dinding kolam.
- Tarik napas dalam-dalam. Lepaskan pegangan.
- Masukkan kepala ke dalam air.
- Kepala muncul perlahan di permukaan air sambil hembuskan napas.
- Posisi tangan sejajar bahu.
- Lakukan gerakan berenang di tempat dengan posisi tubuh sejajar dengan air. Kedua kaki digerakkan bergantian.
- Lakukan berulang-ulang.
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa pergi ke tempat berenang serta melatih kemampuan siswa dalam melakukan gerak mengambang (water trappen) saat beraktivitas dalam air.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com