Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4, Subtema 1 Pembelajaran 6, Halaman 42 dan 47

Kunci Jawaban Halaman 47

1. Perhatikan saat Bapak/Ibu guru menyanyikan lagu itu. Perhatikan tinggi rendah nada pada lagu.

2. Tandai nada tinggi dan nada rendah pada lagu menggunakan garis melodi.

Jawaban

Garis Melodi Bubuy Bulan

Garis Melodi Ampar-ampar Pisang

3. Berdasarkan tanda tempo yang tertulis, bagaimana cara menyanyikan setiap lagu tersebut?

Jawaban

- Iklan -

– Bubuy Bulan :Tempo sedang (moderato), lagu ini dinyanyikan dengan kecepatan 100 pada angka metronom
– Ampar-ampar Pisang: Tempo sedang (moderato), lagu ini dinyanyikan dengan kecepatan 100 pada angka metronom.

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu “Bubuy Bulan” atau “Ampar-Ampar Pisang”. Nyanyikan sesuai tinggi rendah nada dan tempo yang tepat. Nyanyikan dengan penghayatan yang baik. Lagu “Bubuy Bulan” bercerita tentang kesedihan seseorang yang ditinggalkan orang yang dicintainya.

Baca Juga:  Pakaian Adat Aceh: Jenis, Makna, dan Filosofinya

Lagu “Ampar-Ampar Pisang” bercerita tentang kebiasaan masyarakat Kalimantan menjemur pisang untuk dijadikan makanan.

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari selama satu minggu ini?
Pada minggu ini saya telah belajar gagasan pokok dan informasi baru dalam teks bacaan. serta empo dan tinggi-rendah nada dalam sebuah lagu.

Bagaimana sikapmu atas keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia?
Sikap kita terhadap keberagaman agama adalah saling menghormati antar umat beragama karena dengan saling menghormati maka kerukunan tetap terjaga.

Baca Juga:  Sejarah Dan Keunikan Hutan Bambu Arashiyama, Kyoto

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah orang tuamu atau kakek dan nenekmu untuk mengajarkan lagu daerahmu.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU