Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5, Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16, 17

Kunci Jawaban Halaman 10

Ayo Berlatih

Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsabangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan (menolak) kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.

Penjajah (menyengsarakan) kehidupan rakyat Indonesia.

Sikap para penjajah awalnya (baik). Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu (menindas dan kejam).

Kunci Jawaban Halaman 13

Ayo Membaca

Sifat-Sifat Benda

Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas. Ketiganya memiliki sifat yang berbeda. Mengapa kamu perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifatsifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita.

Salah satu wujud benda adalah padat. Kamu pasti memiliki banyak benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu dapat memegangnya, dapat memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya.

- Iklan -

Benda padat yang ada di sekitarmu dapat diubah dengan beberapa perlakukan seperti diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.

Wujud berikutnya adalah cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan mudah di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya.

Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kamu melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari tepat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.

Baca Juga:  Sejarah Dan Keunikan Obelisk Tak Selesai

Wujud benda yang lain adalah gas. Manusia dapat memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas. Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida.

Dengan cara meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kamu juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu dapat mencium bau napasmu sendiri.

Kamu pun dapat mencium bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, manusia menciptakan parfum atau minyak wangi untuk menyebarkan bau dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kamu dapat melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kamu mengubah bentuknya?

Ayo Mencoba

Lakukanlah percobaan-percobaan berikut bersama dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas 3–4 orang.

Percobaan 1

Alat dan Bahan
– dua buah pensil
– penghapus pensil
– peraut pensil
– buku catatan

Langkah Kegiatan

1. Ambillah pensil yang masih utuh. Perhatikan bentuknya dan gambarlah.

2. Dengan menggunakan penyerut pensil, rautlah bagian ujung pensil hingga dapat digunakan untuk menulis. Perhatikanlah, gambarlah dan bandingkan gambar ini dengan gambar pensil yang utuh sebelumnya.

3. Ambil penghapus pensil, amati bentuknya dan gambarlah.

4. Gosokkan penghapus tersebut ke permukaan meja yang rata dan halus selama beberapa saat. Amati bentuknya, terutama pada bagian yang digosokkan. Gambarlah dan bandingkan dengan gambar sebelumnya.

Diskusikan

1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?

Jawaban: Ya, pensil diraut maka bentuk ujungnya berubah.

2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?

Baca Juga:  9 Fauna Yang Hampir Punah di Indonesia, Simak Penjabarannya!!

Jawaban: Ya, ujung karet penghapus, setelah dipakai berubah.

3. Apakah kesimpulanmu?

Jawaban: Bentuk benda padat dapat diubah jika mendapat perlakuan tertentu, misalnya ditumbuk, dipotong atau digosok.

Kunci Jawaban Halaman 14-15

Percobaan 2

Alat dan Bahan
– gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
– wadah lain yang transparan
– nampan atau papan kayu

Langkah Kegiatan

1. Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.

2. Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah. Bandingkan dengan gambar sebelumnya.

3. Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.

4. Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.

Diskusikan

1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum dan sesudah dimiringkan?

Jawaban: Permukaan air mendatar saat sebelum dan sesudah dimiringkan.

2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?

Jawaban: Bentuknya mengikuti wadahnya.

3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?

Jawaban: Air mengalir ke tempat yang lebih rendah.

4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?

Jawaban: Air akan masuk/meresap ke dalam tanah.

5. Apakah kesimpulanmu?

Jawaban:

Benda cair memiliki sifat:
– Bentuk benda cair tidak tetap.
– Selalu mengikuti bentuk wadahnya.
– Bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar.
– Benda cair mengalir ke tempat lebih rendah.
– Benda cair menekan ke segala arah.
– Benda cair meresap melalui celah-celah kecil.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU