Kunci Jawaban Halaman 55
Ayo Berlatih
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menceritakan asal ras dan suku bangsamu. Sekarang, ceritakan identitas suku bangsa salah satu temanmu.
Ayo, ceritakan kepada Guru dan teman-temanmu.
– Siapakah nama temanmu?
– Termasuk ras apakah temanmu?
– Termasuk suku apakah temanmu?
– Apa bahasa daerahnya?
– Sebutkan satu kesenian yang menjadi ciri khas suku bangsanya.
– Bagaimana sikapmu jika kamu dan temanmu berasal dari suku bangsa berbeda?
Jawaban:
Kunci Jawaban Halaman 56-57
Ayo Berkreasi
Lakukan wawancara untuk mengetahui keragaman yang ada di lingkungan tempat tinggalmu. Lakukan wawancara untuk memperoleh data tentang suku bangsa yang ada di lingkungan sekitarmu (misalnya satu RT).
Sebelum melakukan wawancara, lakukan persiapan-persiapan seperti berikut.
1. Menentukan narasumber
Jawaban:
Narasumber
1. Sukarto (Orang tua)
2. Pak Samsul Bahri (Ketua RT)
3. Pak Ibnu Sulaeman
4. Pak Victor Hutabarat
5. Pak Nyoman Sukarja
6. Ibu Euis Sukaesih
7. Agus Susanto
8. Siti Badriah
9. Haryanto
10. Galih Bayu Pramudya
2. Menyusun daftar pertanyaan
Jawaban:
1. Siapa nama Bapak/Ibu?
2. Apa suku bangsa Bapak/Ibu?
3. Apa suku bangsa Bapak/Ibu/saudara?
4. Apa bahasa daerah yang digunakan?
5. Apa kesenian daerah yang terkenal?
6. Apa ciri khas suku bapak/ibu/saudara?
7. Apa sistem kekerabatan yang digunakan?
8. Apa upacara adat yang sering dilakukan?
9. Bagaimana adat pernikahan di daerah bapak/ibu/saudara?
10. Apa nama makanan khas daerah bapak/ibu/saudara?
Kamu telah membuat daftar narasumber dan daftar pertanyaan untuk mendapatkan data tentang suku bangsa di lingkungan sekitarmu. Berdasarkan daftar tersebut, lakukanlah wawancara.
Kamu dapat melakukan sendiri atau berkelompok dengan 3-4 temanmu. Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.
Jawaban:
Laporan Hasil Wawancara
Tanggal Wawancara: 30 Januari 2021
Data Hasil Wawancara
Ayo Renungkan
Dengan mempelajari pergerakan kebangsaan Indonesia, kita makin tahu sejarah perjalanan perjuangan bangsa Indonesia. Kita juga tahu bahwa munculnya kesadaran nasional dan pergerakan kebangsaan Indonesia dipelopori oleh para pemuda dan pelajar. Mereka dengan segenap pemikiran dan tenaga berupaya memperjuangkan nasib bangsa Indonesia. Perjuangannya melalui organisasi-organisasi pergerakan yang tentunya menuntut adanya kemampuan berpikir, bekerja sama, berstrategi, dan berdiplomasi.
Salah satu pelajaran yang dapat kita petik adalah hasil pemikiran pemuda yang tercetus dalam Ikrar Sumpah Pemuda. Pada saat itu, semua pemuda saling menyadari dan mengakui, serta meletakkan ego kedaerahannya masing-masing untuk melebur dalam satu kepentingan demi terwujudnya satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Ikrar tersebut mampu memotivasi seluruh elemen bangsa untuk bersatu padu mengusir penjajah.
Bagaimanakah dengan pemuda saat ini? Bagaimana juga denganmu? Apakah kamu sudah mampu menerapkan nilai-nilai Sumpah Pemuda? Jika sudah, kembangkan dan tingkatkanlah terus. Jika belum, mulailah dari sekarang dengan membina persatuan di sekolah dan masyarakat sekitar.
Kemukakan sikap dan perilakumu yang telah menunjukkan pengamalan nilainilai Sumpah Pemuda!
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah kegiatan sehari-hari anggota keluargamu. Identifikasi dan sebutkan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan adanya penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda!
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut, lalu mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain yang telah bekerja sama denganmu!
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Mikirbae.com
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Subtema