Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6, Subtema 1 Pembelajaran 1, Halaman 2, 3, 6, dan 7

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6, Subtema 1 Pembelajaran 1, Halaman 2, 3, 6, dan 7. Pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 1 sampai 8, merupakan materi Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Tema 8 Bumiku.

Buku Tema 8 Kelas 6 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Kunci jawaban Tema 8 Kelas 6 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Bacalah percakapan Siti dan Udin di bawah ini!

Udin : “Wah, seru sekali, ya, permainan kita hari ini. Sayang sekali, hari sudah sore. Ayo, kita pulang!”

Siti : “Iya, seru sekali. Seandainya kita dapat terus bermain sepanjang hari, pasti akan sangat menyenangkan.“

Udin : “Iya, betul, tetapi malam pasti akan tiba dan kita harus segera pulang.”

Siti : “Betul, Udin, pasti akan susah bermain bola ketika malam. Mengapa ada siang dan ada malam?”

Udin : “Ayo, kita cari informasinya, teman-teman.“

Ayo Mengamati

- Iklan -

Mengapa ada siang dan ada malam? Apakah Matahari itu bergerak sehingga ia terbit dan tenggelam? Bumi atau Mataharikah yang sesungguhnya bergerak? Untuk memahaminya, ayo, kita pelajari bersama.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 2 3

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 2 3

Ayo Mengamati

Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!

Jawaban:

Tuliskan hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati). Gunakan format di bawah ini!

Jawaban:

Ayo Membaca

Bacalah informasi tentang siang dan malam berikut ini! Berilah garis bawah pada kata-kata kunci sebagai informasi penting yang kamu temukan!

Baca Juga:  Mod Aki Aksa : Sejarah Fungsi, Keunikan, CIri-Ciri, dan Filosofi Rumah Adat Papua Barat

Ketika pagi hari, saat membuka jendela, kamu melihat cahaya di langit. Cahaya itu tanda Matahari telah terbit. Saat makan siang, Matahari berada di tempat tinggi di langit. Saat waktunya makan malam, Matahari tidak tampak lagi di langit, tenggelam di cakrawala. Pertanyaannya, benarkah Matahari yang bergerak? Mari, kita cari tahu.

Matahari tampak terbit di pagi hari dan tenggelam di sore hari karena rotasi Bumi. Bumi terus berotasi sehingga Matahari tampak terbit di sebelah timur, dan tenggelam di sore hari. Sekali lagi, ini karena rotasi Bumi. Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Bumi bergerak seperti gerakan permainan gangsing. Planetmu bergerak mengelilingi garis khayal yang disebut sumbu. Gerakan Bumi mengelilingi sumbu/poros disebut rotasi Bumi. Waktu Bumi mengalami satu kali rotasi adalah 24 jam.

Sekarang, lakukan percobaan. Menghadaplah kamu ke lampu. Anggaplah kamu sebagai Bumi dan lampu sebagai Matahari. Kepalamu sebagai poros Bumi.

Berputarlah di tempat pelan-pelan sambil mengamati posisi lampu terhadap dirimu dengan arah berlawanan arah jarum jam. Demikianlah, Matahari yang tampak bergerak, sesungguhnya Bumilah yang bergerak. Peristiwa pergerakan tersebut dinamakan sebagai gerak semu harian Matahari.

Mengapa gerak Matahari dikatakan semu? Tentu kamu tahu, bahwa, gerak tersebut bukanlah gerak Matahari yang sesungguhnya. Peristiwa itu terjadi karena adanya perputaran Bumi pada porosnya. Gerak Bumi itulah yang menyebabkan Matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat.

Untuk memahami lebih dalam tentang gerak semu, ayo, lakukan kegiatan berikut ini!

Baca Juga:  Mengenal Sejarah, Ciri-ciri, Fungsi Keunikan dan Filosofi Rumah Kesepuhan, Rumah Khas Jawa Barat

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 6

Ayo Mencoba

Kegiatan 1 Simulasi tentang gerak semu

Perubahan posisi B terjadi karena B bergerak ke depan. Akan tetapi, A seolah-olah dirinya yang bergerak mundur sehingga ia berada di belakang B. Peristiwa ini mengilustrasikan gerak semu harian Matahari.

Kegiatan 2 Simulasi tentang peristiwa siang dan malam sebagai akibat rotasi Bumi.

Mari kita lakukan simulasi berikut ini! Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat sampai lima orang! Pilihlah dua orang teman dalam kelompokmu untuk melakukan kegiatan seperti gambar berikut.

Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!

Alat dan Bahan yang diperlukan: Senter, globe.

Langkah Kegiatan:
1. Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.

2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.

3. Nyalakan senter. Amati globe.

4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!

Jawaban:
Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan bagian yang menghadap senter menjadi terang, sedang globe yang lain tetap gelap karena tidak terkena cahaya senter.

5. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!

Jawaban:
Setelah diamati, terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU