Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Halaman 146 148 149 150 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Halaman 146 148 149 150 Pembelajaran 6 SD/MI. Kunci jawaban juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci jawaban berikut berlandaskan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Pembahasan berdasarkan Tema 9 Kayanya Negeriku, Subtema 3 Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia.

Ayo Membaca

Telah kamu ketahui bahwa ikut menjaga lingkungan alam dan sumber daya alam termasuk salah satu kewajiban sebagai warga negara. Banyak contoh perilaku yang dapat ditemukan kaitannya dengan usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam menjaga lingkungan alam dan sumber daya alam di sekitar kita.

Salah satunya dengan mendaur ulang sampah, limbah, atau barang-barang bekas tidak terpakai. Jika kewajiban ini kamu laksanakan, tentunya lingkungan alam sekitarmu akan tetap terjaga dan lestari.

Kamu pun dapat menghasilkan produk yang berdaya guna. Namun sebaliknya, apa yang akan terjadi jika kewajibanmu menjaga lingkungan lama tidak kamu laksanakan? Tentunya akan banyak terjadi masalah bahkan bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan menjangkitnya penyakit karena sampah.

Hal yang demikian juga berlaku pada sendi kehidupan yang lain. Oleh karena itu, pelaksanaan hak dan kewajiban haruslah berjalan seimbang agar kehidupan dapat berjalan dengan aman, nyaman, tertib, dan semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik pula.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Rumah Lamin, Rumah Adat Kalimantan Timur

Akibat tidak melaksanakan kewajiban

Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang. Kita tidak boleh menuntut hak kita sebelum kewajiban kita laksanakan dengan baik. Contoh sederhana adalah ketika kamu menginginkan nilai yang bagus, kamu harus belajar terlebih dahulu.

- Iklan -

Berikut contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang.
1. Jika ingin sehat, kamu harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalmu.
3. Jika ingin terhindar dari banjir, jangan membuang sampah di sungai.
4. Jika kamu menginginkan udara bersih, kamu harus mau menanam pohon.

Itulah contoh sederhana pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang dan dapat dilakukan sehari-hari. Bagaimana dengan kewajiban sebagai warga negara? Apakah kamu telah melaksanakan kewajibanmu?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 146

Ayo Berdiskusi

Coba diskusikan bersama dengan temanmu untuk menjawab pertanyaanpertanyaan berikut:

1. Haruskah orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi? Mengapa?
Jawaban:
Orang yang mengabaikan kewajiban harus diberi sanksi karena mengabaikan kewajiban berarti mengabaikan pula aturan-aturan. Aturan-aturan tersebut berguna untuk menjaga ketertiban di dalam masyarakat itu sendiri.

2. Sebutkan contoh sanksi bagi orang yang tidak melaksanakan kewajiban. Tuliskan pada tabel berikut.
Jawaban:

NO. KEWAJIBAN YANG DILANGGAR CONTOH SANKSI
1. Melanggar aturan lalu lintas Terkena tilang dari Polisi
2. Melakukan kecurangan ketika ujian. Tidak mendapatkan nilai ujian
3. Tidak ikut melakukan ronda keliling Membayar sejumlah uang denda
4. Tidak membayar pinjaman uang di bank Harta jaminan disita oleh bank
5. Tidak membayar pajak tepat waktu Sanksi berupa bunga pajak
6. Tidak ikut kerja bhakti Membayar uang denda sebagai pengganti
7. Melakukan pencurian Mendapatkan hukuman pidana
8. Melakukan korupsi Mendapatkan hukuman pidana berat
9. Melanggar peraturan sekolah Mendapatkan poin pelanggaran
10. Tidak melaksanakan perintah agama Mendapat dosa

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 148

Ayo Membaca

Baca Juga:  Latihan Soal OSN IPA SD 2024 Kunci Sukses bagi Anak di Rumah

Akibat tidak memperoleh hak

UUD 1945 telah memberikan jaminan akan pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara sehingga tidak dibenarkan jika warga negara hanya melaksanakan salah satunya. Apakah itu hak atau kewajiban, keduaduanya harus dilaksanakan secara merata dan seimbang.

Pernahkah kamu melihat kejadian seorang warga negara tidak memperoleh haknya sebagai warga negara? Apakah kamu sendiri pernah mengalaminya? Bagaimana dengan hak kamu untuk memperoleh pendidikan yang layak? Sudahkah terpenuhi?

Coba kamu bayangkan jika orang tuamu melarang atau membatasimu untuk bersekolah dan memperoleh pendidikan, sementara kamu ingin sekali meraih cita-citamu, ingin seperti teman-temanmu yang lain menuntut ilmu setinggi-tingginya. Bagaimana perasaanmu dan apa yang akan kamu lakukan?

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU