Langkah Bangun Brand Online Agar Mudah Diingat Konsumen

Tantangan besar yang kerap dihadapi oleh para entrepreneur ketika memulai perencanaan bisnis online mereka adalah pada rancangan dan pengembangan brand. Umumnya, yang menjadi pertanyaan besar adalah, bagaimana membedakan diri dari sedemikian banyak kompetitor. Dengan begitu brand akan mudah dikenali dan diingat oleh pembeli.

Brand akan selalu menghadapi tantangan atau perlawanan dari merek yang lebih cerdas. Pakar Ekonomi Rhenald Kasali mengatakan, produk yang terlalu standar hanya akan menjadi komoditas pasar. Komoditas pasar umumnya tergantung dengan penawaran dan permintaan pasar. Maka, butuh upaya diferensiasi supaya produk yang dihasilkan bernilai.

“Kan saat supply berlebih harga turun. Maka perlu menciptakan brand. Menciptakan diferensiasi,” paparnya.

Perlu langkah besar berupa investasi waktu dan biaya untuk mengembangkan brand secara menyeluruh. Kemudian, memasarkan secara luas kepada khalayak, baik secara mandiri atau lewat jasa press release. Berikut berbagai ide yang bisa menjadi inspirasi  untuk membuat konsep brand yang tidak hanya unik, namun juga selalu lekat di hati dan pikiran pembeli.

  1. Bermain Emosi

Banyak mereka yang sukses menggunakan siasat yang akan menarik emosi manusia. Misalnya, McDonald dengan “I’m Loving It” yang sukses menarik perhatian para pembeli yang ingin menyenangkan diri mereka. Kemudian,“Because You’re Worth It” dari L’oreal yang mendorong harga diri para wanita. Jadi apa yang bisa Anda ambil dari contoh tadi?

Para pemasar terbaik tidak memposisikan brand lewat serangkaian pesan yang rumit. Customer saat ini sudah dibombardir begitu banyak informasi yang tidak efektif. Maka dari itu bangun brand Anda di sekitar satu emosi dasar dan sederhana. Emosi dasar ini yang akan memikat dan mudah diingat customer. Kemudian, memberikan efek psikologis yang dibutuhkan untuk mendorong hubungan baik antara brand dan customer. Tampilkan emosi apa yang ingin Anda timbulkan saat orang melihat atau mendengar brand Anda.

  1. Gabungkan Kenyamanan dan Kemudahan

Hampir semua orang punya aktifitas keseharian yang sangat padat, selain ingin terus belajar dan menjadi lebih maju. Mereka juga butuh untuk memperhatikan keluarga saat sedang membangun karir dan bisnis melalui marketing dan networking.

Baca Juga:  UMP Sulsel 2025 Naik 6,5 Persen, Jadi Segini Besarannya

Pelajari kebiasaan dan rutinitas harian customer. Kemudian, serta cari tahu hal apa saja yang menjadi hambatan, misalnya yang membuat mereka merasa cemas, atau sulit untuk dilakukan. Posisikan brand Anda sebagai jawaban atas kebutuhan spesifik customer. Yakni dengan menawarkan kenyamanan dan kemudahan untuk mendapatkan apa yang mereka cari.

Tunjukkan apa yang bisa brand Anda lakukan untuk memberikan solusi bagi masalah yang mereka miliki, lalu membuat hidup mereka lebih mudah.

- Iklan -
  1. Bikin Nama Brand yang Mudah Diingat

Apakah Anda sudah punya nama brand untuk toko online Anda? Jika Anda belum punya, atau sudah punya tapi banyak orang yang merasa kesulitan untuk menyebutkannya, Anda belum terlambat untuk membuat nama brand. Bikin nama brand yang mudah dieja dan diucapkan. Mengapa demikian? Sebab agar lekat dalam ingatan customer. Dengan begitu akan menjadi prioritas saat mereka membutuhkan sesuatu. Nama unik akan menggambarkan produk dan bisnis Anda secara keseluruhan.

  1. Buat Logo yang Curi Perhatian

Setelah memutuskan nama brand untuk bisnis online yang mudah diingat, maka akan penting sekali untuk membuat logo yang mudah diingat customer. Selain akan membedakan brand Anda dari kompetitor lainnya, logo bisa menjadi tool marketing yang sangat kuat. Logo yang mudah dikenali akan menciptakan kedekatan antara customer dan calon pembeli potensial. Dengan begitu akan mempengaruhi perkembangan dan penjualan dalam jangka panjang.

Baca Juga:  UMP Sulsel 2025 Naik 6,5 Persen, Jadi Segini Besarannya

Menciptakan desain logo yang menarik dan efektif dari segi biaya adalah langkah pertama untuk meluncurkan campaign untuk branding. Merancang materi penjualan, marketing, dan periklanan yang efektif dengan menampilkan logo akan membuat tampilan brand menjadi utuh. Pastikan jenis logo dan warna tersebut  akan menarik perhatian tetapi mudah diingat oleh customer.

  1. Konsistensi

Untuk bisnis online yang baru saja memulai, penggunaan bran dan logo secara konsisten pada semua platform dan materi komunikasi akan secara efektif mengurangi pengeluaran terhadap sisi periklanan dan marketing. Semua aspek, mulai dari label produk, signature e-mail hingga header toko online wajib dirancang secara konsisten agar mudah dikenali oleh customer.

Dengan membedakan diri dari kompetitor, brand  online Anda secara otomatis sudah punya keuntungan tersendiri yang akan sangat menguntungkan untuk brand awareness dalam waktu jangka panjang. 

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU