Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) telah gelar seminar hasil, dari kagiatan Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) ke-23 di Fakultas MIPA UNM, Minggu kemarin, (15/11/2020). Dengan peserta sebanyak 13 kelompok.
Peserta mengumpulkan data dan menyusun hasil penelitian delam  kurung waktu 15 hari terhitung setelah melakukan seminar proposal. Selain itu, tema setiap kelompok peserta PMP pada tahun ini, mengambil tema pandemi Covid-19 yang dibagi dalam dua skim, yakni skim pendidikan dan skim sosial.
Pada skim pendidikan yang mendapat peringkat nilai tertinggi pertama, berasal dari kelompok yang mengangkat judul Rancang Bangun Kursi Physical Distancing Berbasis Mikrokontroller Arduino Nano. Sahrul Alam selaku ketua kelompok tersebut, mengaku bahagia atas pencapaian tersebut.
“Ini terwujud dari teman-teman yang kerjasamanya baik, selama kita menyusun proposal penelitian, kemudian menyusun hasil dari penelitian kami. Ini menjadi motivasi bagi saya dan teman-teman untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya,” ujar Sahrul mahasiswa angkatan 2018 jurusan otomitif ini.
Lanjutnya, ia menuturkan akan terus melanjutkan berproses di LPM Penalaran UNM, sebab dirinya mengaku banyak ilmu yang ia terima selama proses PMP.
” Saya ingin terus berubah dan berproses terus di Penalaran, saya rasa di Penalaranlah wadahnya kita untuk belajar melatih diri kita lebih baik ke depannya, jadi saya ingin melanjutkan ke tahap-tahap selanjutnya,”
Berikut judul penelitian peserta PMP yang telah melakukan seminar hasil. (1) Kesiapan SMP Negeri 3 Bungaya dalam menghadapi Asesmen Nasional 2021, (2) Persepsi Kecemasan Masyarakat Sekitar Terhadap Penerapan Standarisasi Pemakaman Jenazah Covid-19 di Macanda Kabupaten Gowa, (3) Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Fakultas Teknik UNM Terkait Bantuan Kuota Pemerintah, (4) Analisis Tingkat Kepuasan Perkuliahan Mahasiswa FMIPA UNM terhadap Media Pembelajaran MIPA Learning di Masa Pandemi Covid-19, (5) Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Era Pandemi Covid-19 di Universitas Negeri Makassar
(6) Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh pada Anak Kelas Rendah di SDN Bontorannu 1, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, (7) Analisis Faktor-faktor Kecemasan Mahasiswa Berorganisasi pada Masa Pandemi di Universitas Negeri Makassar, (8)
Burnout on E-Learning Selama Pandemi Covid-19, (9) Analisis Efektivitas Penggunaan Dana Hibah Terhadap UMKM Milik Mahasiswa UNM, (10) Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring di Fakultas Ekonomi UNM Selama Masa Pandemi Covid-19, (11) Kepuasan Mahasiswa Tunanetra Terhadap Pelayanan Pembelajaran Daring di Universitas Negeri Makassar, (12) Resiliensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Makassar di Masa Pandemi, dan (13) Rancang Bangun Kursi Physical Distancing Berbasis Mikrokontroller Arduino Nan (*)