Beranda blog Halaman 233

Renungan Harian Kristen, Jumat, 24 Mei 2024: Kegembiraan dalam Keputusasaan

0

Renungan Harian Kristen hari ini, Jumat, 24 Mei 2024 berjudul: Kegembiraan dalam Keputusasaan

Bacaan untuk Renungan Harian Kristen hari ini diambil dari Wahyu 1:17

Renungan Harian Kristen hari ini mengisahkan tentang Kegembiraan dalam Keputusasaan

Wahyu 1:17 – Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,

Pengantar:

Bisakah ada kegembiraan dalam keputusasaan atau ketiadaan harapan? Bisa. Hal itulah yang ingin dikemukakan dalam renungan hari ini, malah disebutkan sebagai sesuatu kegembiraan, penghiburan, yang tak terkatakan. Akan tetapi, saya harus tiba terlebih dahulu pada titik keputusasaan yang dimaksud. Keputusasaan yang bagaimana? Bahwa “di dalam aku … tidak ada sesuatu yang baik.”

Renungan Harian Kristen Jumat, 24 Mei 2024

Seperti rasul Yohanes, mungkin Anda mengenal Yesus Kristus secara akrab. Namun, bila Dia mendadak menampakkan diri kepada Anda dengan sifat yang sama sekali tidak biasa — yang unfamiliar, satu-satunya reaksi Anda ialah “sujud di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati”.

Ada waktunya Allah tidak dapat menyingkapkan dirinya-Nya dengan cara lain selain dengan keagungan-Nya, kekaguman dan rasa hormat dari penglihatan itulah yang mengantar Anda pada kegembiraan dalam keputusasaan (delight of despair); mengalami sukacita ini dalam ketiadaanharapan, menyadari bahwa jika Anda boleh dibangkitkan maka itu pastilah oleh tangan Allah.

Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku …” (Wahyu 1:17). Di tengah-tengah keadaan kekaguman dan rasa hormat, sebuah sentuhan datang, dan Anda tahu bahwa itulah tangan kanan Yesus Kristus. Anda tahu itu bukan tangan yang mengekang, mengoreksi, atau suatu penghukuman, melainkan tangan kanan Bapa yang Kekal.

Apabila Tangan-Nya diletakkan atas Anda, ia memberikan sejahtera dan penghiburan yang tak terkatakan, dan kesadaran bahwa ada “perlindungan … dengan lengan yang kekal” (Ulangan 33:27), yang menopang penuh, menghibur dan menguatkan. Dan begitu sentuhan-Nya tiba, tidak ada yang dapat melemparkan Anda lagi ke dalam rasa takut. Di tengah kemuliaan-Nya yang naik, Tuhan Yesus datang berbicara, dan mengatakan, “Jangan takut!” (Wahyu 1:17). Kelembutan-Nya sungguh manis tak terkatakan. Apakah saya mengenal Dia seperti itu?

Perhatikanlah beberapa hal yang menyebabkan keputusasaan atau ketiadaanharapan. Ada keputusasaan yang di dalamnya tidak ada lagi kegembiraan, tidak ada wawasan pandangan, dan tidak ada harapan akan sesuatu yang lebih cerah. Akan tetapi, kegembiraan dalam keputusasaan atau ketiadaanharapan datang ketika sampai pada kesadaran bahwa “… aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik” (Roma 7:18).

Saya gembira mengetahui bahwa ada sesuatu dalam diri saya yang harus sujud di hadapan Allah bila Dia menyingkapkan diri-Nya kepada saya, dan juga dalam mengetahui bahwa jika saya boleh dibangkitkan maka itu pastilah oleh tangan Allah.

Allah tidak dapat berbuat apa pun bagi saya sebelum saya mengenal atau menyadari batas kemampuan manusia saya, lalu mempersilakan Dia melakukan hal yang mustahil.

Demikian Renungan hari ini, Jumat, 24 Mei 2024 diambil dari Wahyu 1:17 yang mengisahkan tentang Kegembiraan dalam Keputusasaan dan disadur dari Renungan Oswald Chambers//alkitab.mobi.

Bolehkah Berkurban dengan Cara Bergilir untuk Anggota Keluarga

0

Oleh Akhuukum Fillaah :

Abu Hashif Wahyudin Al-Bimawi

بسم الله الرحمن الرحيم

الســـلام عليــكم ورحــمة اﻟلّـہ وبركاته

إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَ نَتُوْبُ إِلَيْهِ وَنَعُوْذُ بلله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لا نَبِيَّ بَعْدَهُ

Tanamkanlah Budaya Membaca Sampai Selesai, Agar Tidak Gagal Faham. SELAMAT MEMBACA….!!

Di antara cara ber-Qurban yang cukup populer di masyarakat kita adalah, Qurban dengan cara bergilir. Di mana kepala keluarga meng-Qurbankan anggota keluarganya secara bergiliran, Yaitu misalnya satu keluarga terdiri dari suami, istri dan dua anak. Maka tahun ini yang ber-Qurban suami, tahun depan istri, tahun setelahnya anak pertama, tahun setelahnya lagi anak kedua, dan seterusnya.

Ini menjadi hal yang unik di jalankan masyarakat Indonesia, karena kami belum mendapatkan hal seperti ini di kitab-kitab fiqih.

Dan Nabi Shallallaahu ’alaihi Wa sallam selalu ber-Qurban setiap tahun. Namun tidak di nukil riwayat bahwasanya beliau mempergilirkan Qurban, kepada istri-istrinya dan anak-anaknya. Bahkan beliau menganggap Qurban beliau sudah mencukupi seluruh keluarganya._

Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ’anhu, beliau berkata:

*ضحَّى رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ بكبشَيْنِ أقرنيْنِ أملحيْنِ أحدِهما عنهُ وعن أهلِ بيتِه والآخرِ عنهُ وعمَّن لم يُضَحِّ من أمَّتِه*

“Rasulullah Shallallaahu ’alaihi Wa sallam ber-Qurban dengan dua domba gemuk yang bertanduk salah satunya untuk diri beliau dan keluarganya dan yang lain untuk orang-orang yang tidak ber-Qurban dari umatnya.” *[HR. Ibnu Majah no.3122, di hasankan oleh Al-Albaniy dalam Irwaul Ghalil (4/353)].

Demikian juga para sahabat Nabi, yang ber-Qurban di antara mereka adalah para kepala keluarga, dan mereka juga tidak mempergilirkan Qurban pada anak dan istri mereka.

Dari Abu Ayyub Al-Anshari Radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata:

*كانَ الرَّجلُ في عَهدِ النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ يُضحِّي بالشَّاةِ عنهُ وعن أَهلِ بيتِهِ فيأْكلونَ ويَطعَمونَ ثمَّ تباهى النَّاسُ فصارَ كما ترى

“Dahulu di masa Nabi Shallallaahu ’alaihi Wa sallam, Seorang lelaki ber-Qurban dengan satu kambing yang di sembelih untuk dirinya dan keluarganya. Mereka makan dan sembelihan tersebut dan memberi makan orang lain. Kemudian setelah itu orang-orang mulai berbangga-bangga dengan banyaknya hewan Qurban sebagaimana engkau lihat.” *[HR. Tirmidzi no.1505, Ibnu Majah no. 3147, di shahihkan Al-Albaniy dalam Shahih Ibnu Majah]

Syaikh Ibnu Al-Utsamin Rahimahullah di tanya:* “apakah setiap anggota keluarga di tuntut untuk ber-Qurban atas diri mereka masing-masing…?”

Beliau Rahimahullah menjawab:

*لا. السنة أن يضحي رب البيت عمن في البيت، لا أن كل واحد من أهل البيت يضحي، ودليل ذلك أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ضحى بشاة واحدة عنه وعن أهل بيته، وقال أبو أيوب الأنصاري رضي الله عنه: ( كان الرجل على عهد النبي صلى الله عليه وسلم يضحي بالشاة عنه وعن أهل بيته ) ولو كان مشروعاً لكل واحد من أهل البيت أن يضحي لكان ذلك ثابتاً في السنة، ومعلوم أن زوجات الرسول عليه الصلاة والسلام لم تقم واحدة منهن تضحي اكتفاء بأضحية النبي صلى الله عليه وسلم*

“Tidak. Yang sesuai sunnah, kepala rumah tanggalah yang ber-Qurban. Bukan setiap anggota keluarga. Dalilnya, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi Wa sallam ber-Qurban dengan satu kambing untuk dirinya dan keluarganya.

Dan Abu Ayyub Al-Anshari berkata:* “Dahulu di masa Nabi Shallallahu ’alaihi Wa sallam, Seorang lelaki ber-Qurban dengan satu kambing yang di sembelih untuk dirinya dan keluarganya”.

Andaikan di syari’atkan setiap anggota keluarga untuk ber-Qurban atas dirinya masing-masing tentu sudah ada dalilnya dari sunnah Nabi. Dan kita ketahui bersama, bahwa para istri Rasulullah Shallallaahu ’alaihi Wa sallam tidak ada yang ber-Qurban, karena sudah mecukupkan diri dengan Qurban Nabi Shallallaahu ’alaihi Wa sallam“.

Beliau Rahimahullah juga mengatakan:

*فإن قال قائل: لعل ذلك لفقرهم؟ فالجواب: إن هذا احتمال وارد لكنه غير متعين، بل إنه جاءت الآثار بأن من أزواج الرسول عليه الصلاة والسلام من كانت غنية

“Jika ada orang yang berkata: mungkin itu karena Nabi Shallallaahu ’alaihi Wa sallam sangat miskin…? Maka kita jawab: memang kemungkinan tersebut ada, namun tidak bisa kita pastikan. Bahkan terdapat banyak atsar yang menunjukkan bahwa para istri-istri Nabi Shallallaahu ’alaihi Wa sallam adalah orang-orang kaya.” *[Durus Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, 8/5]

_Dan perlu di perhatikan bahwa ibadah Qurban ini wajib ikhlas hanya untuk meraih wajah Allah Ta’ala. Hendaknya jauhkan perasaan ingin di lihat, ingin di kenal pernah ber-Qurban, ingin nampak namanya atau semisalnya yang merupakan riya dan bisa menghanguskan pahala amalan. Karena terkadang alasan orang ber-Qurban atas nama istrinya atau anaknya karena anak dan istrinya belum pernah nampak namanya dalam list shahibul Qurban. Allaahul musta’an._

✍️ _*Oleh karena itulah dalam hadits Abu Ayyub di atas di sebutkan:

*ثمَّ تباهى النَّاسُ فصارَ كما ترى*

_“Kemudian setelah itu orang-orang mulai berbangga-bangga sebagaimana engkau lihat.”

_Yaitu menjadikan ibadah Qurban sebagai ajang berbangga di hadapan orang banyak.

Di sisi lain, ulama Malikiyah dan sebagian ulama Syafi’iyyah mensyaratkan yang ber-Qurban haruslah yang memberikan nafkah, barulah mencukupi untuk satu keluarga._

Dalam kitab Al-Muntaqa karya Al-Baji di sebutkan:

*والأصل في ذلك حديث أبي أيوب كنا نضحي بالشاة الواحدة يذبحها الرجل عنه وعن أهل بيته زاد ابن المواز عن مالك وولديه الفقيرين قال ابن حبيب: وله أن يدخل في أضحيته من بلغ من ولده وإن كان غنيا إذا كان في نفقته وبيته*

_“Landasan dari hal ini adalah hadits Abu Ayyub: ‘dahulu kami biasa ber-Qurban dengan satu kambing yang di sembelih Seorang lelaki untuk dirinya dan keluarganya’.

Dalam riwayat Ibnu Mawaz dari Malik adal tambahan:* ‘dan orang tuanya dan orang fakir yang ia santuni’._

Ibnu Habib mengatakan:* ‘Maka boleh meniatkan Qurban untuk orang lain yang bukan keluarganya, dan ia orang yang kaya, jika memang orang lain tersebut biasa ia nafkahi dan tinggal di rumahnya’.”_

Sehingga dengan pendapat ini, jika yang ber-Qurban adalah istri atau anak, maka Qurban tidak mencukupi seluruh keluarga._

Walhasil, kami bertanya kepada beberapa ulama dalam masalah ini, dengan teks pertanyaan, “wahai Syaikh, terkait Qurban. Di antara kebiasaan di negeri kami, seorang lelaki misalnya tahun ini ber-Qurban, namun tahun depan dia tidak ber-Qurban melainkan istrinya yang ber-Qurban. Tahun depannya lagi anak pertamanya, dan terus demikian secara bergiliran. Apakah ini baik…?”_

Syaikh Walid Saifun Nashr menjawab:

*لا أعلم له أصلا*

_“Saya tidak mengetahui ada landasan dari perbuatan ini.”

Syaikh Dr. Aziz Farhan Al-Anazi menjawab:

*الأصل أن على ان أهل كل بيت أضحية والذي يتولى ذلك الوالد لانه هو المكلف بالإنفاق على زوجته واولاده*

_“Asalnya tuntutan untuk ber-Qurban itu pada setiap keluarga, dan yang bertanggung-jawab untuk menunaikannya adalah suami karena dia yang wajib memberikan nafkah kepada istri-istri dan anak-anaknya.”

Adapun mengenai keabsahan Qurban jika yang ber-Qurban bukan kepala keluarga namun salah seorang dari anggota keluarga, maka tetap syah jika syarat dan rukun Qurban terpenuhi. Semisal jika istrinya yang ber-Qurban atau anaknya, maka boleh dan tetap syah. Namun kurang utama, karena menyelisihi sunnah Nabi Shallallaahu ’alaihi Wa sallam dan para sahabatnya.

_Kesimpulannya, yang lebih mendekati sunnah Nabi dan para sahabat, yang ber-Qurban cukuplah suami saja sebagai kepala keluarga. Tidak perlu di pergilirkan kepada anggota keluarga yang lain. Dan tidak ada keutamaan khusus dengan mempergilirkan demikian. Namun jika anggota keluarga yang lain ber-Qurban atas nama dirinya, itu pun boleh saja dan syah. Hanya saja kurang sesuai dengan sunnah Nabi dan para sahabat sebagaimana telah di jelaskan.

Flek Hitam Rawan di Musim Panas

0

Sebelum memilih obat atau kosmetik perawatam wajah, diantaranya, sepeti yang telah dibahas pada beberapa artikel sebelumnya memang sangat perlu mengetahui secara jelas. Apa yang dimaksud dengan flek hitam.

Sebab ada juga yang berupa bintik-bintik hitam di wajah terutama yang banyak dialami kalangan lanjut usia. Ada juga yang tidak berupa bintik-bintik hitam.

Ada yang berwarna hitam dan sedikit neluas di wajah. Ada juga yang tidak berwarna hitam Ada yang beripa flek kecoklatan tua. Harusnya memang mengetahui kondisinya, lalu menggunakan pengobatan yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Ada juga yang sudah pasrah dengan kondisinya itu. Mungkin karena merasa frustaai. Lalu membiarkan saja wajahnya sepeti itu. Hingga wajahnya sulit diobati lagi.

Terutama bila sudah memasuki usia senja. Misalnya dengan mengatakan, “Ah biar saja wajahku berflek, saya kan sudah tua. Pernyataan tersebut, dqpat dnikatakan sudah frutaai.Padahal banyak cara mengobatinya.

Justru dimasa menjelang tua, disinilah perlunya perawatan. Agar lbiaa meperlambat berwaja tua. Yang biasa disebut awet muda.

Bagusnya bila semakin tua, wajah semakin kinclong, agar meskipun sudah tua, tetap.bisa tampil percaya diri. Tidak minder.

Lalu yang manakah yang.disebut dengan flek hitam ? Flek.hitam, bahasa latinnya, ephelis, adalah bintik bintik keol, pada kulit yang berwarna gelqp. Dari pada aeea di sekelilingnya.

Fkek hitam sering muncul di wajah. Namun, flek hitam juga sering pula terjadi nenpel pada kulit lengan, pada dada dan pada lehsr. Namun, kebanyakan munculnya pada wajah.

Flek hitam merupakan kondisi yang dinggap wajar dan dapat melanda segala jenis usia. Masa rawannya terjadi pada musim panas. Dan kebanyakan terjadi pada orang yang berkulit putih. Nah, bagi orang yang berkulit putih, hati-hati di musim panas. Perlu menghindar dari cuaca tersebut.

Mengapa bisa terjadi seperti itu ? Sebab pada kondisi tersebut, akibat peningkatan produksi figmen alami kulit (melanin).

Lentigo

Flek hitam sering disebut freckles. Sedangkan flek hitam.hanyalah salah satu jenis frexkles Jsnjs lain sari frexkles adlah lentigo.

Dari lentigo juga, ada beberapa jenis. Salah satu jenus lwntigo, adalah solar lentigo yang.sering munxul pada usia tua

Apa aaja pebyebabnua ?Penyebabnya utamanya, adalah, dari paparan sibar matahari. Lalu hal.itu bisa diatasi dengan mencuci muka dua kali sehari. Diantaranya dengan mencoba menggunakan Amoorea”. Sebuah produk pencuci muka, yang mampu mengangkat flek hitam sampai ke akar akanya. Penggunaannya, rutin dua kali sehari. (Ana)

Resep Udang Kriuk, Gurih

Menu Udang Kriuk Gurih, bila dicocol dengan saos sambal, apalagi yang pedas-pedas, tidak hanya berfungsi sebagai lauk.

Juga bisa dijadikan camilan. Sama halnya bila makan kerupuk. Atau makan camilan yang crispy crispy, seperti Jamur Cripy. Apalagi bila musimnya harga udang lebih murah. Bisa langganan bikin tiap hari.

Lalu apa yang membuatnya bisa kriuk? Apakah karena ada kulitnya? Simak rahasia @lusiaa_vv berikut ini.

BAHAN

-450 gram udang

-1 sendok makan full @Fibercream

-300 gram tepung serbaguna

-3 sensok makan tepung maizena

-1 butir putih telur

-2 siung bawang putih dipatut

-lada bubuk secukupnya

-garam secukupnya

-dan minyak goreng

CARA MEMBUAT

1. Bersihkan dulu udang, sisakan ekornya. Belah punggungnya secara melebar dan buang kotorannya.

2. Siapkan wadah, tuangkan udang di wadah tersebut, Kemudian masukkan bumbu, lada bubuk, bawang putih dan garam. Aduk hingga tercampur rata dan meresap bumbunya. Marinasi selama 30 menit.

3. Ambil wadah lain, kocok putih telur, tambahkan es dan fibwrcream. Kocok hingga tsrcampur rata

4. Aduk hingga tercampur rata tepung serbaguna dan tepung maizena. Gulingkan udang ke dalam campuran tepung ini. Balurannya tipis-tipis saja.

5. Lalu celup dalam kocokan telur, kemudian gulingkan lagi ke dalam tepung, dengan sedikit diremas. Agar tepungnya melengket. Lakukan hingga habis.

6. Panaskan ninyak, kemudian goreng udang, dengan menggunakan api sedang hingga golden brown.

7. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Udang Kriuk siap disantap. Enaknya dimakan dengan cocolan saos sambal. (ana)

Resep Ayam Woku, Maknyus

Menu Ayam Woku, juga biasa disebut Ayam Woku Balanga, masakan khas Manado, Sulawesi Utara. Enaknya, maknyus.

Yang lebih menambah enak, karena adanya campuran kemangi yang agak banyak. Agaknya tidak ada masakan ayam lainnya memakai campuran kemangi. Kecuali sayur. Inilah khasnya masakan woku.

Ikan juga bisa dimasak woku dengan campuran kemangi yang agak banyak. Juga rasanya maknyus. Berikut resep dari Chef Renatta Moelowk.

BAHAN

-8 bagian daging ayam

-2 ikat kemangi

-2 lembar daun jeruk

-2 lembar daun salam

-1 batang serei

-air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

-3 siung bawang merah

-3.siung bawabg putih

-5 biji cabe merah besar

-5 biji cabe rawit hijau

-1 biji kemiri

-1/4 sendok teh merica bubuk

-1/2 sendok teh ketumbar bubuk

-2 cm lengkuas

-2 cm kunyit mentah

-1 cm jahe

-1/2 biji tomat ukuran besar

-gula secukupnya

-garam secukupnya-

-secukupnya serei digeprek

CARA MEMBUAT

1. Cuci bersih ayam, lalu rebus sebentar kemudian tiriskan.

2. Tumis bumbu sampai harum, lalu tambahkan irisan daun jeruk, daun salam, serei geprek. Lalu aduk sampai tercampur rata.

3. Selanjutnya masukkan ayam, masak sampai ayam berubah warna, lalu tambahkan air, aduk hingga tercampur rata. Masak sampai airnya menyusut dan bumbu meresap.

4. Lalu masukkan daun kemangi, aduk hingga tercampur rata. Masak terus, hingga aroma kemanginya keluar. Lalu angkat dan sajikan. Selamat menikmati. (Ana)

Resep Bingka Roti, Hanya Dikukus

Sungguh mengagumkan resep Idaman Ema, sebuah olahan puding dari roti yang tampilannya mengecoh. Tidak kelihatan dari bahan roti.

Lalu bagaimana bisa dibikin dengan tampilan yang menarik seperti itu? Bukankah puding diketahui bahwa teksturnya cair?

Resep dari Idaman Ema ini, tidak nampak cair, kelihatannya seperti padat. Yuk, disimak cara pembuatan Poding Roti/Bingka Roti Kukus.

BAHAN:

Bahan A

-7 lembar roti tawar

-500 ml santan agak kental atau susu cair

Cara Membuat:

Robek-robek roti, lalu rendam sebentar dengan 500 ml santan, dalam mangkuk yang agak besar. Tekan-tekan roti dengan sendok, agar semuanya terendam.

Bahan B

-110 gram terigu, atau kurang lebih satu gelas

-2 butir telur dikocok lepas

-200 ml santan atau susu cair

-130 gram gula pasir

-1/2 sendok teh garam

-1/2 sendok teh vanilli

-40 gram susu kental manis atau satu sachet

-50 gram margarine, dilelehkan

Cara Membuat:

Campur semua bahan di atas. Aduk menggunakan whisker hingga licin dan halus. Setelah itu, saring. Atau lebih praktis, diblender.

PENYELESAIAN:

1. Panaskan kukusan, sampai airnya mendidih dan beruap banyak.

2. Tuang bahan B ke dalam wadah yang berisi bahan A. Kemudian aduk pelan hingga agar rotinya tidak hancur.

3. Selanjutnya tuang adonan ke dalam loyang atau cetakan yang telah diolesi margarine. Alasi bagian bawahnya dengan kertas roti. Bisa pakai loyang kotak ukuran 20 x 20 cm. Kemudian kukus kurang lebih 45 menit.

4. Setelah itu, keluarkan dari kukusan. Biarkan sampai dingin dan set. Lalu potong sesuai selera.

5. Satu resep, bisa sampai 21-24 iris, tergantung tebal tipisnya irisan. Setelah dipotong-potong, kue bisa dibungkus satu persatu dengan plastik opp ukuran 7 x 12 cm, supaya kelihatan lebih cantik dan higienis. Selamat menikmati. (Ana)

SMKN 3 Soppeng: Ramah Tamah Cool Force XVII 2024

0

SMKN 3 Soppeng merayakan momen penuh kebanggaan dengan pelaksanaan Ramah Tamah kelas XII yang dikenal dengan sebutan Cool Force XVII 2024. Kegiatan yang diinisiasi oleh siswa kelas XII bekerja sama dengan OSIS ini menghadirkan suasana hikmat dan meriah di Gedung Serbaguna La Patau, Kabupaten Soppeng pada Senin, 20 Mei 2024.

Acara Ramah Tamah ini turut dihadiri oleh berbagai pihak yang memiliki peran penting dalam pendidikan, termasuk Ketua Komite SMKN 3 Soppeng, Lurah Galung, Purnabakti SMKN 3 Soppeng, orang tua wali siswa, serta tokoh masyarakat sekitar.

Kelas XII ini juga diwakili oleh pengurus IKA SMKN 1 LILIRIAJA/3 Soppeng, Hadira, yang memberikan persembahan seni, termasuk penampilan musik yang memukau, di bawah arahan Bapak Idrus Mudeng, D.Pd., MT., M.Pd dan Ibu Setia Murti, S.Pd.

Perayaan Ramah Tamah ini menjadi yang ke-XVII pada tahun 2024 dengan mengangkat tema “Keberhasilan Akan Menyertai Orang-orang yang Terus Berjuang dan Belajar.”

Ramah Tamah SMKN 3 Soppeng
Ramah Tamah SMKN 3 Soppeng

Selama acara melepas siswa, suasana campuran antara kegembiraan dan kesedihan terasa di kalangan guru, staf, dan orang tua yang hadir. Mereka dengan bangga menyaksikan siswa-siswa yang gagah berani tampil di panggung, mengucapkan janji alumni, serta memasang selempang sebagai simbol telah menjadi bagian dari Alumni SMKN 3 Soppeng. Air mata haru pun tak terhindarkan saat melihat anak-anak mereka akan segera meninggalkan sekolah yang telah mereka cintai.

Ir. Ichsan, dalam sambutannya, mengajak orang tua peserta didik untuk terus mendukung anak-anak mereka dalam upaya belajar dan berkarya. Ia menekankan bahwa keberhasilan yang diraih merupakan hasil usaha keras siswa, dengan sekolah hanya berperan sebagai pembimbing dan pengarah.

Ketua Komite SMKN 3 Soppeng, dalam apresiasinya, mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana dari OSIS yang gigih bekerja keras untuk suksesnya acara ini. Ia menyoroti hasil yang luar biasa dari kerja keras siswa yang mampu menciptakan suasana mewah dan kolaborasi seni yang memukau.

Acara Ramah Tamah ini juga diisi dengan pesan-pesan bijak, baik dari perwakilan orang tua maupun staf sekolah. Mereka mengingatkan siswa kelas XII untuk tetap memperjuangkan kesuksesan dan menjaga nilai-nilai moral serta keberkahan dalam setiap langkah kehidupan mereka.

Dengan demikian, Ramah Tamah Cool Force XVII 2024 bukan hanya sebuah acara perpisahan, tetapi juga momen penghargaan dan motivasi bagi siswa untuk terus berkarya dan berprestasi.

Pengertian Recount text, Ciri, Struktur dan Tujuan

Recount text merupakan salah satu jenis teks narasi dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian Recount text, Ciri Recount text, Struktur Recount text dan Tujuan Recount text.

 

Pengertian Recount text

Recount Text adalah jenis teks yang berfokus pada penyampaian cerita atau peristiwa yang terjadi secara kronologis. Tujuan utama dari recount text adalah untuk menceritakan atau menggambarkan suatu peristiwa atau pengalaman yang sudah terjadi secara detail dan sistematis. Teks ini sering kali mengikuti urutan waktu dan menggambarkan peristiwa tersebut dari awal hingga akhir.

 

Ciri-ciri Recount Text:

  1. Kronologis: Mengikuti urutan waktu peristiwa yang terjadi, mulai dari awal hingga akhir.
  2. Deskriptif: Memberikan deskripsi yang detail dan vivid tentang peristiwa, tempat, orang, atau objek yang terlibat.
  3. Past Tense: Menggunakan waktu lampau (past tense) karena recount text menggambarkan peristiwa yang sudah terjadi.
  4. Tema Umum atau Pribadi: Bisa menceritakan peristiwa umum yang dialami oleh banyak orang atau pengalaman pribadi penulis.
  5. Penggunaan Conjunctions: Menggunakan conjunctions seperti “then,” “after that,” “next,” dan “finally” untuk menggambarkan urutan langkah atau peristiwa.

Struktur Recount Text:

  1. Orientasi: Memperkenalkan latar belakang peristiwa, tempat, waktu, dan orang yang terlibat.
  2. Serangkaian Peristiwa: Menggambarkan peristiwa atau rangkaian kejadian secara kronologis.
  3. Evaluasi: Menyajikan evaluasi atau refleksi penulis terhadap peristiwa yang terjadi.
  4. Reorientasi: Merangkum atau menutup cerita dengan memberikan kesimpulan atau pesan yang diambil dari pengalaman tersebut.

Tujuan Recount Text

Tujuan utama dari Recount Text adalah untuk menceritakan suatu peristiwa atau pengalaman secara kronologis dan detail. Di antara tujuan yang lebih spesifik adalah:

1. Membagi Pengalaman

Recount text bertujuan untuk membagi pengalaman yang unik, menarik, atau bermakna dengan pembaca. Penulis ingin membawa pembaca ke dalam pengalaman tersebut, sehingga mereka dapat merasakan apa yang dirasakan penulis selama peristiwa tersebut berlangsung.

2. Memberikan Informasi yang Detail

Tujuan recount text adalah memberikan informasi yang detail dan jelas tentang peristiwa yang terjadi. Ini mencakup deskripsi tempat, waktu, orang-orang yang terlibat, kegiatan yang dilakukan, dan segala sesuatu yang relevan dengan pengalaman tersebut.

3. Menyajikan Cerita Kronologis

Recount text bertujuan untuk menyajikan cerita atau peristiwa secara kronologis, mulai dari awal hingga akhir. Tujuannya adalah agar pembaca dapat mengikuti urutan peristiwa dengan baik dan memahami bagaimana cerita tersebut berkembang.

4. Memberikan Perspektif Pribadi

Recount text seringkali memberikan perspektif pribadi penulis terhadap peristiwa yang terjadi. Tujuannya adalah untuk memperkuat keterlibatan emosional pembaca dengan cerita dan membuatnya lebih relevan dan meyakinkan.

5. Menghibur atau Menginspirasi

Recount text dapat bertujuan untuk menghibur pembaca dengan cerita yang menggelitik atau lucu. Di sisi lain, mereka juga dapat menginspirasi pembaca dengan pengalaman yang penuh makna atau pelajaran yang dipetik dari peristiwa tersebut.

6. Membangun Keterampilan Menulis dan Komunikasi

Bagi penulis, tujuan recount text juga bisa menjadi latihan untuk membangun keterampilan menulis naratif dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Ini melibatkan kemampuan menyusun cerita dengan baik, mengembangkan detail yang relevan, dan menyampaikan pesan dengan jelas.

Dengan demikian, recount text memiliki beragam tujuan yang berkisar dari berbagi pengalaman hingga menghibur, menginspirasi, dan membangun keterampilan komunikasi. Tujuan akhirnya adalah memberikan pengalaman membaca yang memuaskan dan bermanfaat bagi pembaca.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian Recount text, Ciri Recount text, Struktur Recount text dan Tujuan Recount text.

Pengertian Report Text, Ciri, Struktur dan Tujuan

Report text adalah sebuah teks bahasa Inggris yang menyajikan informasi sebagaimana apa adanya. Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertianReport Text, Ciri Report Text, Struktur Report Text dan Tujuan Report Text.

 

Pengertian Report Text

Report Text adalah jenis teks yang bertujuan untuk menyampaikan informasi faktual tentang suatu peristiwa, fenomena alam, objek, atau kejadian secara objektif dan sistematis.

Teks ini biasanya digunakan untuk memberikan laporan yang komprehensif dan terstruktur tentang sesuatu yang telah terjadi atau sedang terjadi. Tujuan utama dari report text adalah untuk memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada pembaca.

 

Ciri-ciri Report Text:

  1. Objektif: Teks report bersifat objektif dan netral, tidak memasukkan opini atau penilaian subjektif dari penulis.
  2. Faktual: Memberikan informasi berdasarkan fakta dan data yang dapat diverifikasi.
  3. Terstruktur: Menggunakan struktur yang terorganisir dengan baik, seperti judul, pendahuluan, isi, dan kesimpulan.
  4. Penggunaan Bahasa yang Formal: Menggunakan bahasa yang formal, jelas, dan tepat untuk menyampaikan informasi.
  5. Referensi dan Sumber: Menyertakan referensi atau sumber informasi yang digunakan untuk membuat laporan.

Struktur Report Text:

  1. Judul: Memberikan informasi singkat tentang topik yang akan dilaporkan.
  2. Pendahuluan: Memperkenalkan topik yang akan dibahas dan menyajikan tujuan dari laporan.
  3. Isi Laporan: Memberikan detail dan informasi lengkap tentang topik yang dilaporkan, seringkali dengan menggunakan subjudul dan paragraf terpisah untuk setiap bagian penting.
  4. Kesimpulan: Merangkum poin-poin utama dari laporan dan menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang disajikan.

 

Tujuan Report Text

Tujuan utama dari Report Text adalah untuk memberikan informasi yang lengkap, objektif, dan faktual tentang suatu peristiwa, objek, fenomena, atau kejadian. Berikut adalah tujuan lebih spesifik dari report text:

1. Menyajikan Informasi Faktual

Report text bertujuan untuk menyajikan informasi berdasarkan fakta dan data yang dapat diverifikasi. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang jelas dan akurat kepada pembaca tentang subjek yang dilaporkan.

2. Menginformasikan Pembaca

Tujuan report text adalah untuk memberikan informasi yang komprehensif dan terperinci kepada pembaca. Informasi yang disampaikan meliputi aspek-aspek penting, data, hasil observasi, atau temuan yang relevan dengan subjek yang dilaporkan.

3. Memberikan Laporan yang Objektif

Report text harus bersifat objektif dan netral, tanpa menyertakan penilaian subjektif atau opini dari penulis. Tujuannya adalah menyampaikan informasi dengan jelas dan obyektif tanpa bias.

4. Membangun Pemahaman yang Mendalam

Dengan menyediakan informasi yang terstruktur dan lengkap, tujuan report text adalah membantu pembaca memahami topik atau subjek yang dilaporkan secara mendalam. Ini dapat membantu pembaca mengambil keputusan atau tindakan yang tepat berdasarkan informasi yang disajikan.

5. Meningkatkan Kesadaran dan Pemahaman Publik

Report text seringkali bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman publik tentang isu-isu penting atau peristiwa yang signifikan. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan yang lebih baik kepada masyarakat sehingga mereka dapat lebih memahami dan merespons secara tepat.

6. Mendukung Pengambilan Keputusan atau Tindakan

Dengan menyediakan informasi yang lengkap dan faktual, report text dapat membantu pembaca dalam pengambilan keputusan atau tindakan yang tepat terkait dengan subjek yang dilaporkan. Ini dapat berupa keputusan kebijakan, langkah-langkah penanganan masalah, atau tindakan praktis lainnya.

7. Membantu Riset dan Studi Lanjutan

Report text juga dapat menjadi sumber informasi yang berharga untuk riset, studi lanjutan, atau analisis lebih lanjut terkait dengan subjek yang dilaporkan. Tujuannya adalah memberikan dasar yang kuat untuk pemahaman lebih mendalam dan pengembangan pengetahuan.

Dengan demikian, tujuan utama dari report text adalah memberikan informasi yang akurat, mendalam, dan obyektif kepada pembaca untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan kemampuan dalam mengambil keputusan atau tindakan yang sesuai.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertianReport Text, Ciri Report Text, Struktur Report Text dan Tujuan Report Text.

Pengertian Argumentative Text, Ciri, Struktur dan Tujuan

Teks argumentasi merupakan teks yang berisi opini penulis yang disertai alasan dan pembuktian yang didukung oleh fakta, disampaikan secara logis dan objektif, bertujuan untuk meyakinkan dan mempengaruhi pembaca. Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian Argumentative Text, Ciri Argumentative Text, Struktur Argumentative Text dan Tujuan Argumentative Text.

 

Pengertian Argumentative Text

Argumentative Text adalah jenis teks yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca mengenai suatu pandangan, pendapat, atau posisi tertentu melalui penggunaan argumen yang logis dan bukti yang kuat. Dalam argumentative text, penulis tidak hanya menyajikan informasi, tetapi juga berusaha membujuk pembaca untuk menerima sudut pandang atau kesimpulan tertentu.

 

Ciri-ciri Argumentative Text:

  1. Pernyataan Tesis yang Jelas: Teks dimulai dengan pernyataan tesis yang menyatakan posisi atau argumen utama penulis.
  2. Argumen yang Terorganisir: Setiap paragraf mendukung pernyataan tesis dengan argumen yang terstruktur dan logis.
  3. Bukti yang Kuat: Menggunakan bukti yang relevan dan kuat seperti data, fakta, contoh, dan kutipan dari sumber yang dapat dipercaya untuk mendukung argumen.
  4. Penanggulangan Argumen Lawan: Menyajikan dan menanggapi argumen atau pandangan yang berlawanan untuk memperkuat posisi penulis.
  5. Kesimpulan yang Menegaskan: Mengakhiri teks dengan kesimpulan yang merangkum argumen utama dan menegaskan kembali pernyataan tesis.

Struktur Argumentative Text:

  1. Pendahuluan (Introduction):
    • Memperkenalkan topik.
    • Menyatakan pernyataan tesis yang jelas dan ringkas.
  2. Pengembangan Argumen (Body):
    • Setiap paragraf menyajikan satu argumen utama yang mendukung tesis.
    • Menyediakan bukti dan contoh untuk mendukung setiap argumen.
    • Menanggapi argumen lawan (counterarguments) dengan bukti yang menyangkal atau melemahkan argumen tersebut.
  3. Kesimpulan (Conclusion):
    • Merangkum poin-poin utama.
    • Menegaskan kembali pernyataan tesis.
    • Bisa menyertakan ajakan bertindak atau implikasi lebih lanjut dari argumen yang disampaikan.

 

Tujuan Argumentative Text

Tujuan utama dari Argumentative Text adalah untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan, pendapat, atau posisi yang diusulkan oleh penulis. Beberapa tujuan khusus dari argumentative text meliputi:

1. Mempersuasi Pembaca

Argumentative text bertujuan untuk mempengaruhi pemikiran dan sikap pembaca terhadap suatu isu atau topik tertentu. Penulis berusaha meyakinkan pembaca agar menerima sudut pandang atau pendapat yang diusulkan.

2. Membangun Kekuatan Argumen

Penulis menggunakan argumentative text untuk membangun dan menguatkan argumen yang mereka sampaikan. Dengan menyediakan bukti yang kuat, data yang relevan, dan contoh yang mendukung, tujuan utama adalah membuat argumen tersebut lebih meyakinkan.

3. Menyampaikan Informasi

Selain meyakinkan, argumentative text juga bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Penulis memberikan latar belakang, fakta, dan analisis mendalam tentang isu yang dibahas untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pembaca.

4. Mendorong Diskusi dan Debat

Argumentative text seringkali memicu diskusi dan debat di antara pembaca. Tujuannya adalah untuk mengajak pembaca untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan membahas berbagai sudut pandang terkait dengan isu yang dibahas.

5. Membangun Kesadaran Publik

Dengan mengajukan argumen yang kuat, argumentative text juga bertujuan untuk membangun kesadaran publik tentang isu-isu penting dalam masyarakat. Hal ini dapat mendorong perubahan sosial, perubahan kebijakan, atau perubahan perilaku di tengah-tengah masyarakat.

6. Memotivasi Tindakan atau Perubahan

Argumentative text dapat memotivasi pembaca untuk mengambil tindakan atau melakukan perubahan sesuai dengan posisi atau pandangan yang diusulkan oleh penulis. Ini bisa berupa dukungan terhadap kebijakan tertentu, partisipasi dalam aksi sosial, atau perubahan sikap dan perilaku.

Dengan demikian, argumentative text bukan hanya tentang menyajikan argumen dan bukti, tetapi juga tentang mengubah sikap, membangun pemahaman, dan memicu tindakan atau perubahan di kalangan pembaca.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian Argumentative Text, Ciri Argumentative Text, Struktur Argumentative Text dan Tujuan Argumentative Text.