Pembelajaran Daring

Penulis : Defri Tri Prasetyo

Banyak guru di sekolah mengakui bahwa pembelajaran online tidak seefektif kegiatan pembelajaran konvensional, karena beberapa materi harus dijelaskan secara langsung dan lebih lengkap. Selain itu, materi yang disampaikan secara online belum tentu dapat dipahami oleh semua siswa. Berdasarkan pengalaman mengajar online, sistem ini hanya efektif untuk pemberian tugas, dan kemungkinan hasil pengerjaan tugas tersebut diberikan pada saat siswa akan masuk, sehingga kemungkinan akan menumpuk.

Mencermati pengalaman beberapa guru tersebut, guru juga harus siap menggunakan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman. Guru harus membuat model dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa-siswanya. Penggunaan beberapa aplikasi dalam pembelajaran online sangat membantu guru dalam proses pembelajaran ini. Guru harus terbiasa mengajar dengan memanfaatkan media online yang harus dikemas secara efektif, mudah diakses, dan dipahami oleh siswa.

Dengan demikian, guru dituntut untuk mampu merancang dan merancang pembelajaran online yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media online yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Meskipun pembelajaran online akan memberikan kesempatan yang lebih luas untuk mendalami materi yang akan diajarkan, namun guru harus dapat memilih dan membatasi cakupan materi dan aplikasi yang sesuai dengan materi dan metode pembelajaran yang digunakan.

Hal paling sederhana yang dapat dilakukan seorang guru adalah menggunakan Grup WhatsApp. Aplikasi WhatsApp cocok untuk mahasiswa online pemula, karena pengoperasiannya sangat sederhana dan mudah diakses mahasiswa. Sedangkan bagi guru online yang lebih semangat dapat meningkatkan kemampuannya dengan menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran online.

Kesuksesan guru dalam pembelajaran online di situasi pandemi Covid-19 ini adalah kemampuan yang guru berinovasi dalam metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. Kreativitas merupakan kunci keberhasilan seorang guru untuk dapat memotivasi siswa agar lebih semangat dalam pembelajaran online dan tidak menjadi beban psikologis.

Maka dari itu, pembelajaran online sebagai solusi efektif dalam pembelajaran di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, physical distancing (menjaga jarak  aman) juga

menjadi pertimbangan dalam memilih pembelajaran ini. Kerjasama yang baik antara guru, siswa, orang tua dan sekolah/madrasah menjadi faktor penentu pembelajaran online yang lebih efektif

Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu seiring dengan new normal yang telah diberlakukan oleh pemerintah. Sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana seperti semula dengan kehadiran guru dan siswa yang saling berinteraksi langsung. Aamiin Ya Rabbal’alamin

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU