Pengertian Negosiasi : Fungsi, Manfaat, Teknik, Metode, Tujuan, Kemampuan, Strategi dan Contohnya

Pengertian Negosiasi : funsi, manfaat, teknik, metode, tujuan, kemampuan, strategi dan contoh

Pengertian Negosiasi

Negosiasi adalah salah satu metode yang dpat digunakan untuk menyelesaikan pendapat dari hari yang sudah di sepakati sehingga dapat di jadikan proses untuk mencapai kesepakatan dari perselisihan.

Dengan demikian negosiasi dapat juga do lakukan secara individu untuk mencapai hasil yang terbaik dalam organisasi sehinga dapat mencari keuntungan secara bersama.

Negosiasi dapat melibatkan orang banyak dalam menyelesaikan organisasi bisnis dari hasil proses hukum pribadi, seperti pernikahan atau perceraian. Berdasarkan definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia negosiasi sebuah proses yang melibatkan orang untuk mencapai kesepakatan antar satu pihak atau secara kelompok.

Strategi Dalam Bernegosiasi

Dari ulasan singkat di atas maka kami juga akam memberikan pembahasn strategi dalam melakukan bernegosiasi,

Berikut tiga macam dalam melakukan bernegosiasi adalah:

1. Strategi kooperatif

  • Moto solusi dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak
  • Menciptakan kesamaan dan minat
  • Tujuannya untuk mencapai kesepakatan bagi kedua belah pihak
  • Berkompromi dan membalas nya

2. Strategi kompetitif

  • Kalahkan lawan Anda
  • Jangan percayai lawanmu dan bersiaplah untuk bertarung
  • Mintalah konsesi, klaim posisi Anda dan lakukan tekanan
  • Jangan memberikan apa pun dan menyelesaikan semuanya
Baca Juga:  Sejarah, Ciri-ciri, Fungsi dan Keunikan Rumah Bolon, Rumah Adat Provinsi Sumatera Utara

3. Strategi analitis

  • Memiliki filosofi bahwa negosiasi pada pihak yang memecahkan masalah akan dapat menemukan solusi jika tidak ada kesepakatan yang dicapai dari kedua sisi
  • Pertimbangkan negosiasi sebagai latihan untuk menyelesaikan masalah yang tidak digunakan sebagai permainan
  • Cobalah untuk selalu kreatif dan mencari solusi secara alternatif bersama
  • Berikan alasan rasional dan bukan atas dasar perasaan

Tujuan Negosiasi

Dari pembahsan di atas maka di sini juga kami akan menaympaikan beberapa tujuan dari negosiasi supaya tujuan akan mendapatkan hasil yang bagus.

Berukut beberapa tujuan negosiasi adalah :

  • Untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat
  • Selesaikan masalah dan temukan solusi untuk masalah yang dihadapi pihak yang bernegosiasi
  • Mencapai kondisi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang bernegosiasi serta dapat menerima solusi dari pihal yang bersangkutan.

Manfaat Negosiasi

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari negosiasi di atas maka di sini juga kami akan menyampaikan manfaat negosiasi.

- Iklan -

Berikut beberapa manfaat negosiasi adalah:

  • Terciptanya kemitraan antara satu pihak dan pihak yang lainnya untuk mencapai tujuan nya masing-masing.
  • Saling pengertian antara pihak-pihak yang melakukan bernegosiasi serta melakukan kesepakatan yang harus dicapai dari semua pihak.
  • Negosiasi bermanfaat untuk mencuptakan kesepakatan yang saling menguntungkan bagi semua pihak.
  • Menciptakan interaksi yang positif antara pihak-pihak yang bernegosiasi sehingga akan terjalin kerja sama yang memiliki dampak yang lebih besar.
Baca Juga:  Simak!! Sejarah, Ciri-ciri, Fungsi Keunikan dan Filosofi Rumah Panjang

Struktur Negosiasi

Dari pembahasan di atas , maka kami juga akan memberikan beberpa struktur yang terdapat dalan menyusun negosiasi supaya dari pihak-pihak akan mudah sepakat.

Berikut struktur dalam negosiasi adalah :

Orientasi: adalah sebuah ucapan pembuka dan biasanya dengan ucapan salam pada saat memulai negosiasi

Permintaan: adalah sebuah perjanjian dalam bentuk barang atau jasa yang ingin dibeli pembeli.

Kesesuaian: adalah sebuah perjanjian dalam bentuk barang atau jasa dari penjual yang diminta oleh pembeli.

Penawaran: adalah sebuah akhir dari negosiasi dari kedua pihak yang sudah menyepakati hasil negosiasi

Perjanjian: adalah sebuah perjanjian antara kedua pihak untuk melakukan negosiasi yang telah dilakukan.

Pembelian: adalah sebuah keputusan dari konsumen untuk menerima transaksi atau tidak.

Penutup: adalah sebuah kalimat sebagai penutup dan biasanya salam atau ucapan terima kasih.

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU