-
Sikap Terhadap Diri Sendiri
1. Sikap jujur, terbuka, harga diri semuanya perlu untuk perkembangan diri anak didik. nilai kejujuran perlu diterapkan jika ingin negara kita sungguh berkembang dan manusia yang terdapat di dalamnya semakin sejahtera.
2. Beberapa sikap pengembangan sebagai peribadi manusia, misalnya disiplin, bijaksana, cermat, mandiri, percaya diri, semuanya lebih menunjang kesempurnaan diri pribadi. Meski hal demikian tidak langsung berkaitan denga orang lain, namun dapat membantu dalam menjalin kerja sama dengan orang lain. Yang perlu ditingkatkan di antara orang muda adalah semangat kemandirian. Orang muda demikian butuh dibantu agak menjadi lebih mandiri, berani menghadapi persoalan hidup sendiri, berani berjuang dalam kesulitan dan tidak menyerah begitu saja.
3. Daya juang dan penguasaan diri dalam melawan budaya instant dan mencari senang sendiri , Contohnya seperti penguasaan terhadap narkoba pada zaman ini begitu penting Dan menjadi tantangan yang besar dan yang dihadapi bila kita memiliki daya juang yang besar. Tanpa hal tersebut, tentu akan terlbas dengan arus zaman yang tidak sehat.
4. Kebebasan dan tanggung jawab
Sikap khas manusia sebagai pribadi yaitu dia yang memiliki kebebasan dalam mengungkapkan dirinya dan bertanggung jawab terhadap ungkapannya. Sikap ini seperti juga berlaku baik terhadap diri sendiri, terhadap orang lain dan tuhan. Sikap ini, akan dapat mewujudkan dalam kebebasan bicara, kebebasan dalam mengungkapkan gagasan, kebebasan mimbar, dan tanggung jawab.
-
Sikap Penghargaan terhadap Alam
Penghargaan terhadap alam diciptakan untuk digunakan semua manusia agar mampu hidup dengan bahagia, sehingga dalam penggunaan alam hanya untuk diri sendiri jelas tidak dapat dibenarkan. Perusakan alam hanya bisa memberikan kehidupan pada beberapa orang juga tidak benar. Keserakahan dalam penggunaan alam merupakan kesalahan. Di sekolah siswa dibimbing menjaga lingkungan hidup, menggunakan barang secara bertanggung jawab, dan kritis terhadap persoalan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat.