Dalam penentuan harga transfer manajemen tidak dapat sembarangan menentukan harga, secara garis besar harga tersebut sebisa mungkin tidak merugikan salah satu pihak yang terlibat.
Prinsip dasarnya adalah bahwa harga transfer sebaiknya serupa dengan harga yang akan dikenakan seandainya produk tersebut dijual ke konsumen luar atau dibeli dari pemasok luar.
- Teori akuntansi manajemen menunjukkan bahwa metode penetapan harga yang berbeda sesuai untuk situasi yang berbeda
- Harga transfer berbasis harga pasar ditandai menyebabkan keputusan yang optimal saat:
- Pasar untuk produk ini sangat kompetitif
- Saling ketergantungan antara pihak-pihak terkait minimal
- Tidak ada keuntungan atau kerugian untuk membeli atau menjual produk secara internal daripada secara eksternal
3. Harga transfer berdasarkan biaya penuh dapat mendekati harga berdasarkan ditandai ketika penentuan harga pasar tidak layak.
4. Harga transfer yang telah dinegosiasikan oleh pembeli dan penjual daripada diamanatkan oleh manajemen atas memiliki keuntungan memungkinkan pihak terkait untuk mempertahankan otoritas desentralisasi mereka.