ššŖšŗš¢šŖ šŖš»šŖšÆ š£š¦š³šµš¢šÆšŗš¢, š£š¦šÆš¢š³š¬š¢š© š®š¦šÆšŗš¦š®š£š¦ššŖš© kš¶š³š£š¢šÆ š„šŖ š®š¢š“š«šŖš„ šŖšµš¶ š©š¶š¬š¶š®šÆšŗš¢ š©š¢š³š¢š®? šš¦š³š¦š„š¢š³ š¤š¦š³š¢š®š¢š© šŗš¢šÆšØ š®š¦šÆš§š¢šµšøš¢š¬š¢šÆ š£š¢š©šøš¢ šŖšµš¶ šµšŖš„š¢š¬ š„šŖš£š°šš¦š©š¬š¢šÆ š¬š¢š³š¦šÆš¢ š„šŖš¢šÆšØšØš¢š± š£šŖš“š¢ š®š¦šÆšØš°šµš°š³šŖ š®š¢š“š«šŖš„ š„š¢šÆ š®š¦šÆšØšØš¶šÆš¢š¬š¢šÆ šøš¢š¬š¢š§ š£š¶š¬š¢šÆ š¶šÆšµš¶š¬ š±š¦š³š¶šÆšµš¶š¬š¢šÆšÆšŗš¢.
šš®šš®šÆš®š»
ššš¦š©: šš©š®š¢š„ ššŗš¢š©š³šŖšÆ šš©š°š³šŖš²
Secara asal menyembelih hewan untuk kurban itu diperbolehkan dilaksanakan di berbagai tempat mana pun. Dengan ketentuan tempat tersebut memang layak dan memungkinkan untuk dijadikan tempat untuk menyembelih hewan kurban.
Sedangkan khusus lokasi di mana diselenggarakannya shalat hari raya, justru menyembelih kurban di tempat tersebut hukumnya disunnahkan menurut mayoritas ulama. Berikut ini fatwa-fatwa para ulama dalam masalah ini :
Al imam Syaukani rahimahullah berkata:
ŁŲ§Ł ŁŲ°ŲØŲ ŁŁŁŲŲ± ŲØŲ§ŁŁ ŲµŁŁ ŁŁŁ Ų§Ų³ŲŖŲŲØŲ§ŲØ Ų£Ł ŁŁŁŁ Ų§ŁŲ°ŲØŲ ŁŲ§ŁŁŲŲ± ŲØŲ§ŁŁ ŲµŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŲ¬ŲØŲ§ŁŲ©. ŁŲ§ŁŲŁŁ Ų© ŁŁ Ų°ŁŁ Ų£Ł ŁŁŁŁ ŲØŁ Ų±Ų£Ł Ł Ł Ų§ŁŁŁŲ±Ų§Ų” ŁŁŲµŁŲØŁŁ Ł Ł ŁŲŁ Ų§ŁŲ£Ų¶ŲŁŲ©.
āšš„š¢šš¢š© š®š¦šÆšŗš¦š®š£š¦ššŖš© š„š¢šÆ š®š¦š®š°šµš°šÆšØ š©š¦šøš¢šÆ kš¶š³š£š¢šÆ š„šŖ š®š¶š“š©š¢ššš¢ š©š¶š¬š¶š®šÆšŗš¢ š„šŖš¢šÆš«š¶š³š¬š¢šÆ. šš¢š©šøš¢ š®š¦šÆšŗš¦š®š£š¦ššŖš© š©š¦šøš¢šÆ šµš¦š³š“š¦š£š¶šµ š„šŖ š®š¶š“š©š¢ššš¢ šŗš¢šÆšØ š¢š„š¢ šš°š¬š¢š“šŖ š¶šÆšµš¶š¬ š®š¦š®š°šµš°šÆšØšÆšŗš¢. šš„š¢š±š¶šÆ š©šŖš¬š®š¢š© šŗš¢šÆšØ š„š¦š®šŖš¬šŖš¢šÆ š¢š„š¢šš¢š© š¢šØš¢š³ š£šŖš“š¢ š„šŖš“š¢š¬š“šŖš¬š¢šÆ š°šš¦š© š°š³š¢šÆšØ šŗš¢šÆšØ š§š¢š¬šŖš³, š“š¦š©šŖšÆšØšØš¢ š®š¦šÆš„š¢š±š¢šµš¬š¢šÆ š£š¢šØšŖš¢šÆ š®š¦š³š¦š¬š¢ š„š¢š³šŖ š„š¢šØšŖšÆšØ š“š¦š®š£š¦ššŖš©š¢šÆ š²š¶š³š£š¢šÆ šµš¦š³š“š¦š£š¶šµ.”[1]
Dalam kitab Fiqhul Manhaji disebutkan :
ŁŁŲ°ŲØŲŁ ŲØŲ§ŁŁ ŲµŁŁŲ ŲŁŲ« ŁŲ¬ŲŖŁ Ų¹ Ų§ŁŁŲ§Ų³ ŁŲµŁŲ§Ų© Ų§ŁŲ¹ŁŲÆŲ ŁŲ£Ł ŁŁŲŲ± Ų£Ł ŁŲ°ŲØŲ ŲØŁŁŲ³Ł
āšš¢šÆ š®š¦šÆšŗš¦š®š£š¦ššŖš© š„šŖ šµš¦š®š±š¢šµ š„šŖš“š¦šš¦šÆšØšØš¢š³š¢š¬š¢šÆšÆšŗš¢ š“š©š¢šš¢šµ šŗš¢šŖšµš¶ šµš¦š®š±š¢šµ š£š¦š³š¬š¶š®š±š¶ššÆšŗš¢ š°š³š¢šÆšØ-š°š³š¢šÆšØ š¶šÆšµš¶š¬ š“š©š¢šš¢šµ š©š¢š³šŖ š³š¢šŗš¢. šš¦š³kš¶š³š£š¢šÆ š„š¢šÆ š®š¦šÆšŗš¦š®š£š¦ššŖš© š¶šÆšµš¶š¬ š„šŖš³šŖšÆšŗš¢..ā[2]
Dalam Fiqh āala madzhab al Arbaāah juga disebutkan :
Ų§ŁŁ Ų§ŁŁŁŲ© ŁŲ§ŁŁŲ§: ŁŁŲÆŲØ Ų„ŲØŲ±Ų§Ų² Ų§ŁŲ¶ŲŁŲ© ŁŁŁ ŲµŁŁŲ ŁŁŁŲ±Ł Ų¹ŲÆŁ Ų°ŁŁ ŁŁŲ„Ł Ų§Ł ŁŁŲ·
“šš¢šš¢šÆšØš¢šÆ šš¢ššŖš¬šŖšŗš¢š© š£š¦š³š¬š¢šµš¢ : šš¢šÆ š„šŖ š“š¶šÆšÆš¢š©š¬š¢šÆ š¶šÆšµš¶š¬ š®š¦šÆš¢š®š±š¢š¬š¬š¢šÆ š©š¦šøš¢šÆ š²š¶š³š£š¢šÆ š„šŖ š®š¶š“š©š¢ššš¢, š„š¢šÆ š„šŖš®š¢š¬š³š¶š©š¬š¢šÆ šµšŖš„š¢š¬ š®š¦šÆš¢š®š±š¢š¬š¬š¢šÆ š©š¦šøš¢šÆ kš¶š³š£š¢šÆ š„šŖ š®š¶š“š©š¢ššš¢ š£š¢šØšŖ šŖš®š¢š® š“š¢š«š¢…ā[3]
šš®š¹š¶š¹š»šš®
Dalil kesunnahan untuk memotong hewan kurban di tempat diselenggarakannya shalat hari raya adalah sebuah hadits dari Ibnu Umar radhiyallahuāanhuma beliau berkata :
ŁŲ§Ł āŲ±ŁŲ³ŁŁŁŁ āŲ§ŁŁŁŁŁŁ āŲµŁŁŁŁŁ āŲ§ŁŁŁŁŁŁ āŲ¹ŁŁŁŁŁŁŁ āŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ Ł āŁŁŲ°ŁŲØŁŲŁ āŁŁŁŲŲ± āŲØŲ§ŁŁ ŲµŁŁŁŁ
āšš„š¢šš¢š© š„š¢š©š¶šš¶ šš¢š“š¶šš¶ššš¢š© š“š©š¢šš¢ššš¢š©š¶āš¢šš¢šŖš©šŖ šøš¢š“š“š¢ššš¢š® š®š¦šÆšŗš¦š®š£š¦ššŖš© š©š¦šøš¢šÆ š²š¶š³š£š¢šÆ š„šŖ š®š¶š“š©š¢ššš¢ (šµš¦š®š±š¢šµ š„šŖšš¢š¬š“š¢šÆš¢š¬š¢šÆšÆšŗš¢ š“š©š¢šš¢šµ šš„š¶š šš„š©š¢)ā (HR Bukhari).
šš®š¹š®šŗš®š» šŗš®šš·š¶š± šš¶š±š®šø š±š¶š½š²šæšÆš¼š¹š²šµšøš®š»
Tempat diselenggarakannya shalat hari raya secara umum terbagi menjadi dua, lapangan dan masjid. Jika untuk lapangan rasanya tidak perlu di permasalahkan, karena dalil dan penjelasan ulama di atas sudah sangat jelas.
Lalu bagaimana jika shalat Ied nya di masjid?
Nah, di sini memang benar, kita menemukan adanya fatwa sebagian ulama yang menyatakan bahwa hukumnya tidak boleh menyembelih hewan qurban di dalam masjid, sebagaimana yang difatwakan oleh syaikhul islam Ibnu Taimiyah berikut ini :
ŁŲ§ ŁŲ¬ŁŲ² Ų£Ł ŁŲ°ŲØŲ ŁŁ Ų§ŁŁ Ų³Ų¬ŲÆ: ŁŲ§ Ų¶ŲŲ§ŁŲ§ ŁŁŲ§ ŲŗŁŲ±ŁŲ§Ų ŁŁŁ ŁŲ§ŁŁ Ų¬Ų²Ų±Ų© Ų§ŁŁ Ų¹ŲÆŲ© ŁŁŲ°ŲØŲ ŁŲÆ ŁŲ±Ł Ų§ŁŲµŁŲ§Ų© ŁŁŁŲ§Ų Ų„Ł Ų§ ŁŲ±Ų§ŁŁŲ© ŲŖŲŲ±ŁŁ Ų ŁŲ„Ł Ų§ ŁŲ±Ų§ŁŁŲ© ŲŖŁŲ²ŁŁ Ų ŁŁŁŁ ŁŲ¬Ų¹Ł Ų§ŁŁ Ų³Ų¬ŲÆ Ł Ų“Ų§ŲØŁŲ§ ŁŁŁ Ų¬Ų²Ų±Ų©Ų ŁŁŁ Ų°ŁŁ Ł Ł ŲŖŁŁŁŲ« Ų§ŁŲÆŁ ŁŁŁ Ų³Ų¬ŲÆ Ł Ų§ ŁŲ¬ŲØ ŲŖŁŲ²ŁŁŁ
āššŖš„š¢š¬ š£š°šš¦š© š®š¦šÆšŗš¦š®š£š¦ššŖš© š¢š±š¢š±š¶šÆ š„šŖ š„š¢šš¢š® š®š¢š“š«šŖš„, š£š¢šŖš¬ š²š¶š³š£š¢šÆ š®š¢š¶š±š¶šÆ šŗš¢šÆšØ šš¢šŖšÆšÆšŗš¢. šš¢šØš¢šŖš®š¢šÆš¢ š®š¶šÆšØš¬šŖšÆ š®š¦šÆšŗš¦š®š£š¦ššŖš© š„šŖšš¢š¬š¶š¬š¢šÆ š„šŖ š®š¢š“š«šŖš„, š“š¦š®š¦šÆšµš¢š³š¢ šµš¦š®š±š¢šµ š«š¢šØš¢š šµš¦š³š®š¢š“š¶š¬ šµš¦š®š±š¢šµ šŗš¢šÆšØ šµšŖš„š¢š¬ š£š°šš¦š© š„šŖšØš¶šÆš¢š¬š¢šÆ š¶šÆšµš¶š¬ š“š©š¢šš¢šµ. ššŖš“š¢ šš¢š³š¢šÆšØš¢šÆ š©š¢š³š¢š® š¢šµš¢š¶ šš¢š³š¢šÆšØš¢šÆ š®š¢š¬š³š¶š©. šš¦š©šŖšÆšØšØš¢ š£š¢šØš¢šŖš®š¢šÆš¢ š®š¶šÆšØš¬šŖšÆ š®š¢š“š«šŖš„ š„šŖš«š¢š„šŖš¬š¢šÆ š“š¦š±š¦š³šµšŖ šµš¦š®š±š¢šµ š«š¢šØš¢š š£šŖšÆš¢šµš¢šÆšØ. šš¢š„š¢š©š¢š šŖšÆšŖ š£šŖš“š¢ š®š¦šÆšØš°šµš°š³šŖ š®š¢š“š«šŖš„ š„š¦šÆšØš¢šÆ š„š¢š³š¢š©, šŗš¢šÆšØ š“š¦š©š¢š³š¶š“šÆšŗš¢ š„šŖš£š¦š³š“šŖš©š¬š¢šÆ.ā[4]
Ini memang benar, tidak boleh menyembelih apapun di dalam masjid. Tapi memang siapa juga yang mau menyembelih hewan di dalam masjid ? di tempat pengimaman atau di mimbar misalnya yang dikira afdhal, ya pasti ditimpuki orang banyak. Yang dilakukan orang-orang itu di halaman masjid, yang tentu itu bukan tempat yang harus dijaga kesuciannya. Karena memang biasanya menjadi tempat sendal, parkir dan termasuk toilet itu areanya di pekarangan atau halaman masjid. Sehingga fatwa larangan tersebut bukan ditujukan untuk yang menyembelih di pekarangan masjid, tapi di dalam bangunan masjid.
Ada juga yang beralasan karena itu bertentangan dengan tujuan diwaqafkannya masjid dan akan menyebabkan penggunaan fasilitas masjid tanpa izin.
šš®šš®šÆš®š» š½š²šæšš®šŗš®, jika alasan pekarangan masjid juga tidak boleh dipakai karena tidak sesuai dengan tujuan orang yang berwakaf, ini teramat mengada-ada dan terlalu mempersempit fungsi masjid. Masa iya untuk penyelenggaraan ritual ibadah sepenting qurban muaqif tidak akan berkenan ? Bukankah di masa Nabi shalallahuāalaihi wassallam fungsi masjid bukan hanya untuk shalat ? untuk belajar, menerima tamu, latihan perang bahkan untuk mengikat tahanan.
Lagi pula jika waqaf untuk masjid tidak boleh digunakan selain untuk tujuan shalat, padahal itu area pekarangannya berarti untuk aktivitas yang lain seperti parkir kendaraan, acara pengajian juga dilarang. Dan ini sama sekali tidak bisa diterima akal dan dalil mana pun.
š¬š®š»š“ šøš²š±šš®, jika karena adanya penyelenggaraan penyembelihan qurban itu menyebabkan fasilitas masjid seperti listrik dan air terpakai, ini juga masih bisa diatur dan disiasati. Jika memang takmir atau para donatur masjid tidak berkenan, maka solusinya tidak dibebankan biaya tambahan untuk penyelenggaraan aktivitas penyembelihan qurban tersebut. Tapi jika tidak ada yang keberatan, ini kembali kepada hukum asal kebolehannya. Dan penggunaan fasilitas masjid untuk memakmurkannya dan juga kemaslahatan umat, hukumnya boleh menurut mayoritas ulama.
Jika penyembelihan qurban telah terbiasa diadakan di masjid tersebut bertahun-tahun, dan tidak ada yang mempersoalkan, itu sudah menjadi bukti izin yang diberikan oleh pihak-pihak terkait. Sebagaimana kaidah ushul menyebutkan āal āAdatul Muhakkamahā sebuah kebiasaan itu bisa menjadi hukum. Dan juga kaāidah :
Ų§ŁŁ Ų³ŁŁ ŁŁ Ų¹ŁŁ Ų“Ų±ŁŲ·ŁŁ
āšš¢š¶š® š®š¶š“ššŖš®šŖšÆ šŖšµš¶ šµš¦š³šØš¢šÆšµš¶šÆšØ š±š¢š„š¢ š“šŗš¢š³š¢šµ-š“šŗš¢š³š¢šµ šŗš¢šÆšØ š„šŖš£š¶š¢šµ š°šš¦š© š®š¦š³š¦š¬š¢.ā
Disebutkan dalam Bughyatul Mustarayidin :
ļ»“Łļŗ“ŁļŗŁ ļŗŁļ»ļŗ Łļ»®ŁļŗļŗŁļ»²Ł ļŗŁļ»Łļ»¤Łļ»Łļŗ®Łļ»Łļ»ŁļŗŁ ļ»ŁļŗÆŁļ»Łļŗļ»³Łļŗļ»«Łļŗ ļ»£Łļ»¦Ł ļŗŁļŗ£ŁļŗŁļŗŁ ļŗŁļ»ļ»¤Łļŗ“Łļŗ ŁļŗŖŁ ļ»Łļ»»Ł ļŗ£Łļŗ®Łļ»³Łļ»¤Łļ»ŖŁŲ ļŗŁļ»Ł ļ»«Łļ»²Ł ļ»£Łļŗ“ŁļŗŁļ»Łļ» ŁŁļŗŁ ļ»ļ»¤ŁļŗŁ ļ»ŁļŗæŁļ»ŁļŗŁ ļ»Łļ»ŖŁŲ ļ»Łļ»³Łļŗ“ŁļŗŁļ»Łļ»¤Łļ»Ł ļ»Łļ»Ł ļ»Łļ» Łļ»° ļ»£Łļŗ ļ»Łļ»¬ŁļŗŖŁ ļ»Łļ»“Łļ»ŖŁ ļŗŁļ»¼Ł ļ»§Łļ»Łļ»“Łļŗ®Ł ā¦ ļ»Łļ»»Ł ļŗŁļŗ¤ŁļŗŁļŗļŗŁ ļŗŁļ»ļ»°Ł ļ»£Łļ»Łļŗ®Łļ»ŁļŗŁ ļ»§ŁļŗŗŁŁ ļ»£Łļ»¦Ł ļ»Łļŗļ»Łļ»Łļ»¬ŁļŗŲ ļŗŁļŗ«Ł ļŗŁļ»ļ»Łļŗ®Łļ»Ł ļ»Łļŗļ»Ł ļ»ļ»²Ł ļŗ«Łļ»Łļ»Ł
āBeberapa kolam dan tepiannya yang berada di sekitar masjid bukanlah bagian dari serambi dan pelataran masjid. Akan tetapi ia menyendiri sesuai tujuan awal. Dan setiap orang boleh memanfaatkan dengan pemanfaatan yang diketahui tanpa ada yang mengingkari.
Dan tidak butuh untuk mengetahui penjelasan orang yang mewakafkan. Karena kebiasaan sudah mencukupi untuk memperbolehkan.ā [5]
Terkecuali jika ada masjid yang muaqif (pewakafnya) atau takmirnya melarang penggunaan fasilitas masjid kecuali hanya untuk keperluan shalat, maka hukumnya haram menyelenggarakan penyembelihan qurban di situ. Dan bukan hanya qurban, menggunakan pengeras suara untuk pengumuman, parkir kendaraan untuk selain shalat, menggunakan air masjid saat kebelet pipis yang tidak di waktu untuk shalat, semua juga diharamkan.
Dan jujur, saya belum pernah ketemu adanya masjid yang sesaklek itu…
Wallahu a’lam.