Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Lengkap Kunci Jawaban

Jawaban: A

19. Tampaknya kisah ini berdasarkan kisah nyata, artinya riwayat yang demikian sering didengar oleh pengarangnya. Kejadian-kejadian yang dipaparkan di dalamnya benar-benar jelas dan teliti. Posisi masing-masing tokoh begitu teguh seperti biografi. Hanya sayang pengarang tidak berhasil mengerahkannya secara luas.

Dilihat dari segi isi, resensi di atas merupakan contoh …..
A. Analisis keunggulan dan kelemahan buku
B. Identitas buku
C. Sinopsis cerita
D. Isi cerita
E. Simpulan

Jawaban: A
20. Armin pane ialah seorang romantikus yang suka mengembara dalam jiwanya. Ia identik dengan zaman baru. Hal ini mempengaruhi isi cerita ini sehingga dianggap sebagai sesuatu yang baru.

Hal yang diresensi adalah …..
A. Kelebihan pengarang
B. Kelebihan buku
C. Identitas buku
D. Kekurangan buku
E. Latar

Jawaban: A

21. Berikut hal-hal yang dapat dinilai dari buku yang diresensi, kecuali …..
A. Jumlah buku
B. Penggunaan bahasa
C. Data buku
D. Kelebihan buku
E. Kekurangan buku

Jawaban: A

22. Mengulas sebuah karya harus disertai dengan sikap …..
A. Kritis       D. Acuh tak acuh
B. Malas       E. Sembrono
C. Subjektif

- Iklan -

Jawaban: A

23. Berikut unsur identitas atau data buku, kecuali …..
A. Judul buku     D. Tebal/halaman buku
B. Penulis buku  E. Nama penerbit
C. Sinopsis

Jawaban: C

24. Istilah drama berasal dari bahasa Yunani, draomai yang berarti …..
A. Melihat          D. Berbuat
B. Menonton      E. Pementasan
C. Memeragakan

Jawaban: D

25. Orang yang memperagakan cerita dalam sebuah drama disebut …..
A. Aktor           D. Prosedur
B. Penata rias   E. Staf
C. Sutradara

Baca Juga:  Latihan Soal OSN IPA SD 2024 Kunci Sukses bagi Anak di Rumah

Jawaban: A

26. Kata-kata pembuka, pengantar, ataupun latar belakang cerita, yang biasanya disampaikan oleh dalang atau tokoh tertentu adalah …..
A. Prolog  D. Orientasi
B. Dialog  E. Komplikasi
C. Epilog

Jawaban: A

27. Dalam drama, alur, penokohan, tema, dan amanat termasuk unsur-unsur …..
A. Karakteristik  D. Intrinsik
B. Kharismatik   E. Penunjang
C. Ekstrinsik

Jawaban: D
28. Tokoh drama yang selalu menentang arus cerita disebut …..
A. Tokoh antagonis   D. Tokoh protagonis
B. Tokoh tritagonis    E. Tokoh sentral
C. Tokoh pembantu

Jawaban: A

29. Keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana di dalam naskah drama disebut …..
A. Alur   D. Latar
B. Plot   E. Penokohan
C. Tema

Jawaban: D

30. Pesan yang ingin disampaikan pengarang dalam naskah drama disebut …..
A. Alur               D. Penokohan
B. Setting/latar   E. Plot
C. Amanat

Jawaban: C

31. Bagian akhir cerita yang menggambarkan akhir sebuah cerita dalam drama disebut …..
A. Prolog  D. Orientasi
B. Dialog  E. Komplikasi
C. Epilog

Jawaban: C

32. Menilai suatu karya sastra dengan mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan kepada khalayak tentang perlu tidaknya karya tesebut dibaca adalah pengertian dari …..
A. Drama         D. Puisi
B. Karya ilmiah E. Resensi
C. Proposal

Jawaban: E

33. Bagian yang berisi tentang konflik dan pengembangannya, gangguan, halangan, dalam mencapai tujuan atau kekeliruan yang dialami tokoh utamanya disebut …..
A. Orientasi     D. Epilog
B. Komplikasi   E. Prolog
C. Resolusi

Baca Juga:  20 Soal Latihan Ujian IPA Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Beserta Jawaban

Jawaban: B

34. Drama yang ceritanya penuh dengan kesedihan adalah …..
A. Tragedi    D. Komedi
B. Force       E. Sendratari
C. Melodrama

Jawaban: C

35. Cermati naskah drama berikut!
Ibu : “Jun, mau dibawa ke mana kura-kura itu?”
Jun : “ke sungai.”
Ibu : “ …..”
Ayah : ”karena kura-kura sebaiknya hidup di alam bebas.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah …..
A. Memang ini hari hari apa ya?
B. Aku ikut, boleh tidak?
C. Ke sungai mana kau pergi?
D. Mengapa tidak besok saja?
E. Mengapa dibawa ke sungai?

Jawaban: E
36. Perhatikan teks berikut ini!
Boleh-boleh saja ikut arus. Akan tetapi, tetap ingat juga tempat kita berpijak agar identitas bangsa tidak hilang. Siapa lagi yang akan mengemban pesan dan peninggalan nenek moyang dan leluhur bangsa kalau bukan kita sendiri. ya, kan? Kita tahu dan sadar bahwa Indonesia kita tercinta ini punya ragam kebudayaan yang sangat kaya. Setiap provinsi dan suku bangsa mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain, juga latar belakang budaya yang berbeda. Masing-masing provinsi memiliki bentuk penampilan, mempunyai keunikan yang sangat indah, kaya akan warna, bentuk, detail-detail, dan ornamen-ornamen unik dan penuh identitas kedaerahan. Tentunya semua itu tidak akan pernah dan tidak boleh dilupakan hanya karena ingin ikut arus gaya minilnalis.

Dalam teks prosedur, kutipan tersebut termasuk bagian …..
A. Tujuan              D. Alat dan Bahan
B. Langkah            E. Pernyataan umum
C. Penegasan ulang

Jawaban: A

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU