Universitas Fajar (Unifa) bertekad untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di kalangan mahasiswa dan dosen, sebagai langkah untuk membuka peluang studi lanjutan ke Amerika Serikat.
Hal ini diungkapkan dalam upaya melanjutkan kerjasama yang telah terjalin sebelumnya dengan Amerika Korner, meskipun program tersebut telah berakhir. Unifa kini berencana untuk memperbaharui dan memperkuat hubungan ini dengan menyelenggarakan program-program khusus yang ditujukan untuk peningkatan kemampuan bahasa Inggris di kalangan dosen dan mahasiswa.
Deputi Rektor I Unifa, H Ismail Marzuki, menekankan pentingnya penguasaan bahasa Inggris dalam meningkatkan daya saing kampus. “Kami ingin memastikan bahwa mahasiswa dan dosen Unifa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, sehingga mereka dapat memanfaatkan peluang untuk melanjutkan studi di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat,” ujar Marzuki. Program peningkatan kemampuan bahasa Inggris ini akan memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia, seperti Mall Nipah dan smart class yang ada di kampus Unifa.
Untuk mendukung inisiatif ini, Unifa juga akan menyediakan pelatihan intensif serta berbagai sumber daya yang diperlukan guna membantu mahasiswa dan dosen menguasai bahasa Inggris secara optimal. Harapannya, program ini dapat menghasilkan SDM yang kompeten, dengan minat dan kemampuan yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 di Amerika Serikat.
Sebagai bagian dari langkah strategis ini, Unifa mengadakan pertemuan dengan Genevieve Judson-Jourdain, Kepala Humas Konsulat Jenderal AS Surabaya, dan Kayla Smith, Wakil Kepala Humas Konsulat Jenderal AS Surabaya, guna memperkuat kerjasama dalam bidang pendidikan.
Pertemuan ini membuka peluang lebih luas bagi Unifa untuk memperluas akses dan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen dalam menjalin kerjasama internasional, khususnya dalam pendidikan tinggi di Amerika Serikat.
Dengan langkah-langkah strategis tersebut, Universitas Fajar siap untuk menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing dan kualitas pendidikan, serta berkomitmen menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa dan dosen. (*)